25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Dinkes Papua Barat Gencarkan Sosialisasi Antisipasi Peredaran Demam Berdarah Dengue (DBD)

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dinas Kesehatan Papua Barat menggelar pertemuan pengendalian Demam Berdarah Dengue (DBD)pada Kamis (11/1/2024) di Manokwari. Pertemuan tersebut diikuti oleh kader dan petugas kesehatan disejumlah puskesmas di Manokwari.

    Plt Kepala Dinas Kesehatan Manokwari Marthen Rante Tampang menjelaskan pertemuan seperti ini sangat penting karena dapat membangun kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

    Baca juga:  Pengembangan Bandara Rendani, Bupati Manokwari Bahas Rencana Alih Trase dan Jembatan

    “Persoalan DBD ini harus ditangani sesegera mungkin karena terlambat penanganannya dapat membhayakan. Ini harus menjadi perhatian serius dan respon cepat. Sehingga pentingnya peran kader maupun petugas kesehatan di masing-masing puskesmas sebagai layanan kesehatan terdepan,”ungkapnya.

    Dikatakannya peran serta bagi semua pihak untuk mengantisipasi peredaran DBD sangat penting, kususnya masyarakat dalam menjaga lingkungannya.

    Baca juga:  Jelang 1 Desember, Ini Pesan dan Imbauan Ketua DPR Papua Barat

    Sementara itu, Kabid P2P Dinas Kesehatan Papua Barat dr Nurmawati menjelaskan salah satu upaya pengendalian DBD adalah dengan adanya 1 rumah 1 juru pembasi jentik (Jumantik).

    “Nyamuk DBD berpotensi ada disetiap rumah kususnya pada lingkungan yang terdapat tampungan air. Dengan adanya 1 rumah 1 Jumantik sangat efektif. Jumantik bertugas memantau jentik nyamuk yang ada disekeliling tempat tinggal. Yang terpenting juga menerapkan 3 m plus,”ujarnya.

    Baca juga:  Sambut 100 Bintara Baru, Kapolres Bintuni: Ingat, Lindungi Masyarakat

    Dikatalannya, DBD dapat terjadi jika warga tidak menjaga lingkungannya. Selain itu dengan masifnya transportasi dan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya menjadi faktor penyebab peredaran DBD melalui nyamuk Aedes Aegeypti.(LP3/Red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...