25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Cabup dan Cawalkot di Papua Harus Persetujuan MRP, Tunggu Fatwa MA

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com– Asosiasi Majelis Rakyat Papua Barat (MRPB) menghasilkan dua rekomendasi dalam rapat koordinasi yang digelar di Hotel Mansinam Beach Manokwari, Jumat (3/5/2024). Salah satunya yakni calon bupati-cawabup dan calon wali kota-calon wakil wali kota harus atas persetujuan MRPB.

    Ketentuan ini akan diajukan ke Mahkamah Agung (MA) agar segera diterbitkan fatwa. Selain itu, satu rekomendasi lainnya yakni keputusan tentang status orang asli Papua berdasarkan kesepakatan bersama MRP se-Tanah Papua.

    Baca juga:  Hardiknas di Teluk Bintuni, Bupati Kasihiw Gugah Semangat Belajar Generasi Muda

    Benny, Koordinator Tenaga Ahli MRPB mengatakan, rekomendasi Asosiasi MRPB memiliki makna strategis. Ini akan menjadi asas dalam pelaksanaan tugas MRPB.

    “Hasil koordinasi rapat Asosiasi MRP menghasilkan 2 agenda penting yang pertama ‘menghasilkan satu keputusan tentang pengertian orang asli Papua yang telah di sepakati oleh Ketua MRP se-Tanah Papua. Yang kedua mencapai satu kesepakatan bersama untuk mengajukan fatwa ke Mahkamah Agung (MA) terkait pasal 20 ayat 1 huruf A tentang tugas dan wewenang MRP yang terbatas untuk memberikan pertimbangan dan persetujuan atas pencalonan Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota kepada MRP,” tutur Benny.

    Baca juga:  Kejati Papua Barat Klaim Belum Terima Laporan Dugaan Penyimpangan di Perusda BMM

    Kemudian dalam pembacaan hasil koordinasi Asosiasi MRP se-Tanah Papua terdapat satu hal penting yang kemudian menjadi pertimbangan. Yakni berupa dokumen tagihan akademik yang menghasilkan empat rekomendasi yang wajib ditandatangani oleh Ketua/Perwakilan MRP se-Tanah Papua. Selanjutnya akan diperjuangkan untuk mendapat pertanggungjawaban Pemerintah Pusat.

    Baca juga:  Tekan Kasus Stunting, Kepala Dinsos Mansel: Jangan Asal Menikah, Tunggu Usia Matang

    “Jika dikemudian hari terdapat kekurangan maka nantinya Asosiasi MRP se Tanah Papua akan mempertimbangkan dan meningkatkan hasil koordinasi yang telah mencapai kesepakatan,” imbuh Benny. (LP/13Red).

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian...

    Jelang Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat Gelar Upacara Tabur Bunga dan Ziarah Laut 

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Papua Barat melaksanakan upacara ziarah dan...

    Puluhan Guru SD Datangi Kantor Bupati Manokwari, Pertanyakan Pembayaran ULP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Puluhan guru Sekolah Dasar (SD) di Manokwari pada Senin (24/6/2024) siang mendatangi...