25.9 C
Manokwari
Selasa, April 16, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    BPBD Papua Barat Petakan Kabupaten/Kota Rawan Bencana

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Papua Barat memetakan kabupaten/kota rawan bencana di seluruh wilayah Bumi Kasuari. Masyarakat dan seluruh pengambil kebijakan atau stakeholder diharap mengambil peran untuk menjaga wilayahnya.

    Kepala Pelaksana BPBD Papua Barat, Derek Ampnir, mengatakan sejumlah daerah di Papua Barat menjadi daerah rawan bencana. Olehnya, perlu ada langkah untuk kesiapsiagaan.

    Baca juga:  Jenazah Danrem Jazira Onim Akan Diterbangkan ke Jakarta Besok

    “Dalam kesiapsiagaan bencana itu memang perlu peran semua pihak baik pemerintah, TNI-Polri, dan masyarakat. Terpenting kesiapsiagaan itu dibangun dari ketangguhan keluarga,” kata Derek usai mengikuti apel kesiapsiagaan di Mapolda Papua Barat, Kamis (17/11/2022).

    Derek menyebutkan, bencana alam, seperti gempa bumi, tanah longsor, dan banjir merupakan ancaman yang terjadi di Papua Barat.

    Baca juga:  BKKBN Papua Barat Launching Mansinam sebagai Kampung Percontohan Keluarga Berkualitas

    “Daerah yang rawan terjadi bencana alam, seperti Manokwari, Teluk Wondama, Manokwari, Kota Sorong, Pegunungan Arfak, Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong, dan Fakfak. Khusus untuk wilayah perkotaan yang paling tinggi adalah banjir dan longsor. Ini tidak terlepas karena faktor demografi penduduk serta kepentingan pembangunan sehingga ada ruang yang digunakan diluar fungsi,”‘ bebernya.

    Baca juga:  Longsor di Sorong, Ibu dan Anak Tertimbun

    Pihaknya pun juga meminta agar masyarakat adat mengambil peran bersama pemerintah untuk menjaga wilayahnya. Pasalnya, jika tidak diantisipasi akan mengganggu sektor lainnya, seperti ekonomi maupun ketersediaan pangan. (LP3/Red)

    Latest articles

    Peduli Bencana Longsor Palangka dan Pangra’ta, Ikatan Pemuda-Mahasiswa Toraja di Manokwari...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Ikatan Pemuda Toraja Manokwari (IPTM) dan Ikatan Pelajar Mahasiswa Toraja Kabupaten Manokwari menggalang donasi sebagai aksi peduli terhadap bencana longsor yang melanda...

    More like this

    Halal bi Halal, Pj Gubernur Ali Baham Bicara Pentingnya Mendorong Produksi Pangan

    MANOKWARI, linkpapua.com-Pemerintah Provinsi Papua Barat bersama Pemerintah Kabupaten Manokwari menggelar halal bi halal di...

    Polda Papua Barat Sebut Perayaan Idul Fitri 1445 H di Wilayahnya Aman dan Kondusif

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Provinsi Papua Barat dan...

    Pj Gubernur Ali Baham Gelar Open House Idulfitri di Kediaman Susweni

    MANOKWARI, linkpapua.com- Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere menggelar open house selama...