25.9 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Bakal Jadi Rujukan Nasional, RSUD Papua Barat Akan Kirim Dokter-Perawat Pelatihan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat mulai 2023 nanti akan punya empat layanan baru. Menunjang hal itu, pihak rumah sakit tengah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) tenaga dokter dan perawat.

    Direktur RSUD Papua Barat, Arnoldus Tiniap, mengatakan untuk empat rujukan itu, sambil menunggu peralatan juga perlu persiapan dokter hingga perawat.

    “Nanti kita mendapat pengakuan dari RS rujukan nasional. Jadi, melalui RS rujukan itu kita akan mendapatkan bimbingan sisi penataan, alur pelayanan, dan persiapan pelatihan bagi tenaga dokter dan perawat. Tinggal pemerintah daerah menyiapkan kekurangan SDM,” kata Arnoldus, Senin (5/12/2022).

    Baca juga:  Humas Pemerintah Corong Publik, Harus Mampu Buat Konten Informatif

    Arnoldus mengungkapkan, empat rumah sakit yang akan memberikan pengakuan, yakni Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Cipto Mangunkusumo untuk ginjal-hipertensi, Rumah Sakit (RS) Kanker Dharmais, Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Jantung Harapan Kita, dan rumah sakit saraf di Jakarta.

    Baca juga:  September 2022, Papua Barat Alami Inflasi 1,02 Persen

    Kata dia, dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dengan rumah sakit rujukan nasional.

    “Akan menghitung semua pada tahun depan. Jadi, mengontrak mereka pada saat alat tiba. Kalau dokter sebenarnya lebih siap. Yang perlu disiapkan di awal tahun tenaga perawat dan tenaga yang lain. Supaya kalau sudah siap dan peralatan sudah ada, dokternya tinggal datang saja,” paparnya.

    Baca juga:  Rakerwil IV Hidayatullah Papua Barat untuk Evaluasi dan Susun Program 2024

    Soal biaya pelatihan bagi tenaga perawat, kata dia, sudah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) induk Papua Barat 2023.

    Perlu diketahui, mulai tahun depan Kemenkes akan mengembangkan RSUD Papua Barat menjadi rujukan kanker, jantung, saraf (stroke), dan ginjal-hipertensi. (LP9/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    Wujudkan Program JKN, Pj Gubernur Ali Baham Minta Dukungan OPD

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere meminta seluruh OPD mendukung...

    HPSN 2024, Pj Gubernur Ali Baham Soroti Sampah Plastik di Teluk Sawaibu: Butuh Penanganan Bersama

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere memimpin apel gabungan dalam rangka...