25.8 C
Manokwari
Jumat, Februari 23, 2024
25.8 C
Manokwari
More

    APBD Teluk Bintuni 2023 Diproyeksikan Rp2,7 Triliun

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023 Kabupaten Teluk Bintuni diproyeksikan Rp2,7 triliun.

    Bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw, menyampaikan itu dalam rapat paripurna tentang Rancangan APBD (RAPBD) 2023 di Ruang Sidang Utama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Teluk Bintuni, Selasa (13/11/2022).

    Kasihiw mengungkapkan, estimasi pendapatan untuk 2023 direncanakan Rp2,7 triliun. Sementara, estimasi belanja Rp2,8 triliun. Dengan demikian, untuk penganggaran 2023 nanti, Teluk Bintuni menganut anggaran defisit.

    Baca juga:  Bawaslu Teluk Bintuni Lantik PAW Anggota Panwaslu Lima Distrik

    Pendapatan asli daerah (PAD) Teluk Bintuni 2023 diproyeksikan Rp74 miliar dengan rincian pendapatan pajak Rp50 miliar, hasil retribusi daerah Rp1 miliar, hasil pengelolaan daerah yang dipisahkan Rp4,5 miliar, dan lain lain pendapatan daerah yang sah Rp18,4 miliar.

    Baca juga:  DPRD Bintuni Bulat Terima 4 Ranperda, Nasdem Beri Koreksi

    Sementara, untuk belanja akan diformulasikan dan diklasifikasikan pada beberapa jenis belanja, meliputi belanja operasi, modal, tidak terduga, dan transfer.

    Alokasinya akan didorong untuk penanganan kemiskinan ekstrem, penanganan stunting, pengendalian inflasi, mempercepat pembangunan di bidang infrastruktur, konektivitas, pendidikan, dan kesehatan.

    Rapat paripurna dipimpin Wakil Ketua DPRD Teluk Bintuni, Herlina Husein. Dia mengatakan, kebijakan pembangunan daerah perlu diselaraskan dengan pembangunan nasional. Juga menjadi perhatiannya adalah pengelolaan keuangan daerah mesti transparan akuntabel dan partisipatif.

    Baca juga:  Ketua Hipmi Papua Barat Dorong Pengurus dan Kader Berperan Pacu Perekonomian

    “Harapan kami tentunya melalui mekanisme pembahasan RAPBD, pelaksanaan program dan kegiatan yang dituangkan dalam penjabaran OPD (organisasi perangkat daerah) dapat berjalan maksimal sehingga berdampak postif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan daerah,” katanya. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119...

    0
    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat diduga dimanipulasi. Sejumlah caleg melaporkan suaranya berkurang, sementara ada...

    More like this

    Pleno di Distrik Kokas Fakfak Diduga Dimanipulasi, Suara Uswanas dari 119 jadi 1.203

    KOKAS,LinkPapua.com– Pleno rekapitulasi perolehan hasil suara Pemilu 2024 di Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua...

    PPP Teluk Bintuni Datangi Bawaslu, Sebut PSU Sejumlah TPS tak Punya Dasar Hukum

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com-Ketua DPW PPP Papua Barat, Yasman Yasir bersama Ketua DPC PPP Teluk Bintuni...

    Bawaslu Bintuni Terus Telisik Dugaan Kecurangan di TPS-8 Kampung Argosigemerai

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Bawaslu Teluk Bintuni menemukan sejumlah dugaan kecurangan di TPS 8 TK Almagfiroh,...