26.4 C
Manokwari
Selasa, April 30, 2024
26.4 C
Manokwari
More

    Rektor Unipa Dorong Alumni Terlibat dalam Percepatan Akreditasi

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Papua (IKA-UNIPA) terus melakukan konsolidasi organisasi. Selain upaya pembentukan IKA di semua daerah, alumni juga dituntut dalam percepatan akreditasi institusi.

    Koordinator Wilayah Papua, DPP-IKA Unipa, Tulus Sianipar, menyampaikan beberapa kepengurusan di kabupaten/kota di Provinsi Papua sudah siap dibentuk. Di antaranya Kabupaten Merauke dan Timika.

    “Beberapa kabupaten lainnya juga dalam persiapan serta koordinasi. Untuk Jayapura yang dibentuk dalam wilayah adat seperti kepengurusan Mamta, sehingga ketua dari kabupaten yang memiliki adat yang sama dan dalam kondisi kewilayahan maupun jumlah alumni yang sedikit kepengurusannya dapat digabungkan dalam satu wadah yang sama,” jelasnya.

    Baca juga:  Kampanye Dimulai, Ketua KPU Manokwari Ingatkan Peserta Pemilu Patuhi Aturan

    Menurut Tulus, kepengurusannya dengan konsep struktur wilayah adat seperti di Kabupaten Jayapura dengan kepengurusan DPC-IKA UNIPA Mamta ini juga diharapkan dapat diselesaikan dalam waktu dekat sebelum berakhirnya kepengurusan DPP-IKA Unipa.

    Rektor Unipa Dr Meky Sagrim mengatakan, ada banyak persoalan yang harus dikerjakan bersama alumni. Salah satunya adalah akreditasi institusi.

    Kata dia, selama berdiri sejak tahun 2000 belum terakreditasi dari 53 program studi pada 13 fakultas (termasuk Pascasarjana). Termasuk bagaimana mendorong Unipa menuju Badan Layanan Umum (BLU).

    Baca juga:  Polres Manokwari Rekonstruksi Pembunuhan di Kompleks Mulyono, Peragakan 9 Adegan

    “Dengan adanya otonomi khusus, saat ini kami terus berupaya menjadikan Unipa sebagai Badan Layanan Umum (BLU) dan melakukan reformasi kelembagaan, sarana/prasarana/sertifikasi laboratorium, kemahasiswaan, internet, tanah Unipa, kesejahteraan, keamanan kampus dan perpustakaan. Sehingga akreditasi institusi tidak bisa dilaksanakan tanpa dukungan dari para alumni,” jelas Rektor.

    Ia mengatakan, target ini menjadi tanggung jawab bersama. Seperti adanya dokumen penyusunan akreditasi, bahan dari kegiatan alumni yang diinput dalam sistem akreditasi perguruan tinggi secara online (SAPTO).

    Baca juga:  PT Jasa Raharja Gelar Pengobatan Gratis di Manokwari

    Diungkapkan Rektor, tantangan ini tidak mungkin dikerjakan sendiri tanpa dukungan dari para alumni secara keseluruhan. Baik alumni yang telah sukses di pemerintahan maupun legislatif, pengusaha dan sebagainya.

    “Semua dari amban (SDA), saya pikir semangat ini yang perlu kita pegang untuk kemudian membangun komitmen, bangun kebersamaan untuk bagaimana mewujudkan Unipa ini menjadi universitas yang berdaya saing”, pungkas Rektor. (LP3/Red)

    Latest articles

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna H. Laoly pada upacara peringatan Hari...

    More like this

    Hibahkan Lahan ke Lapas Manokwari, Bupati Hermus Raih Award Kemenkumham

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Bupati Manokwari, Hermus Indouw, bersama 9 instansi lainnya raih penghargaan dari Menteri Hukum...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....

    DPC PKB Manokwari Bakal Buka Penjaringan Kepala Daerah Bulan Mei

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak November mendatang, DPC Partai Kebangkitan...