25.9 C
Manokwari
Jumat, Mei 10, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Seluruh daerah Papua Barat fokus penanganan stunting

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapaubarat.com- Seluruh daerah di Provinsi Papua Barat menjadi fokus dalam progran pencegahan serta penanganan kasus stunting atau gangguan gizi kronis pada anak.

    “Kasus stunting ditemukan di seluruh daerah Papua Barat, maka semua daerah mendapat yang sama. Kami berharap daerah juga lebih progresif dalam penanganan stunting,”kata Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Otto Parorongan, Kamis (17/12)

    Baca juga:  Pesan Nataniel Mandacan untuk Perempuan Arfak: Jangan Jadi Penonton

    Menurutnya penanganan stunting menjadi perhatian serius pemerintah. Gubernur Papua Barat pun telah mencanangkan penanganan difokuskan untuk semua daerah.

    “Dulu hanya beberapa kabupaten yang menjadi fokus, namun sejak dua tahun terakhir semua dari menjadi fokus penanganan,” sebut Otto lagi.

    Di Papua Barat, lanjut Otto, kasus stunting banyak ditemukan di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T). Meskipun demikian di daerah perkotaan kasus tersebut masih ditemui.

    Baca juga:  Papua Barat Gelar Vaksinasi Massal Lusa, Ikut Sasar Lansia hingga Wartawan

    Faktor kemiskinan cukup dominan terhadap kasus stunting di Papua Barat. Penyebab lain dari kasus tersebut karena faktor penyakit.

    “Asupan gizi sangat berpengaruh, ini karena faktor kemiskinan. Ada juga karena faktor pengetahuan atau skill orang tua, bahan makanan tersedia tapi cara menyajikan kurang tepat,” katanya menambahkan.

    Baca juga:  Kapolda Papua Barat Ingatkan Tantangan Polri Hadapi Transformasi Pelayanan

    Menurutnya intervensi gizi harus dilakukan seluruh kabupaten dan kota. Untuk Dinas Kesehatan diharapkan agar mengoptimalkan fungsi Puskesmas dalam penyuluhan gizi.

    Ia juga berharap seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait saling bersinergi dalam penanganan stunting.(LPB1/red)

    Latest articles

    Syahruddin Makki Diminta Menjadi Calon Wakil Bupati Manokwari 

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Warga Pasuruan Jawa Timur yang domisili di Kabupaten Manokwari menyatakan dukungan kepada Syahrudin Makki tokoh Sulawesi Selatan untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wakil...

    More like this

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...