26.2 C
Manokwari
Minggu, Oktober 6, 2024
26.2 C
Manokwari
More

    Tingkatkan Wawasan Statistik, BPS Papua Barat Gelar Workshop bersama Wartawan

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat menggelar Workshop bersama wartawan dalam pembacaan data yang disajikan BPS. Workshop yang digelar Kamis (4/7/2024) di aula BPS Papua Barat tersebut diikuti oleh belasan peserta. Workshop tersebut mengusung tema” Data Untuk Berita, Membangun Papua Barat melalui jurnalisme berbasis data”.

    Baca juga:  BPS: Penduduk Miskin Papua Barat 21,43 Persen

    Kepala BPS Papua Barat Ir.Merry. M.P mengungkapkan pentingnya pemahaman media akan data.

    “Teman-teman wartawan menjadi corong informasi yang akan mengarahkan pandangan publik. Workshop ini untuk menambah wawasan wartawan dalam membaca dan memahami data statistik sehingga saat memuat berita interpretasinya tepat,”ungkapnya.

    Baca juga:  Kasus Yayasan Tipari: Rp7,8 M Kucur, Bangunan Kampus Hanya Tiang dan Rerumputan

    Dengan peran yang penting sebagai pekerja media yang memiliki audience beragam, tentu harus tepat dalam menjabarkan data.

    “Dengan workshop ini untuk meminimalisir misinterpretasi. Sehingga makna dari data yang disajikan dapat dipahami termasuk oleh pengambil kebijakan dalam menyusun kebijakan. Selain itu melalui workhsop ini dapat lebih mengenal tentang statistik maupun meningkatkan literasi statistik,”ujar dia.

    Baca juga:  JPU Sebut Mantan Pj Bupati Sorong Yan Piet Moso 3 Kali Serahkan Uang ke Tim BPK

    Dalam kesempatan itu, Merry juga menjelaskan tentang portal kolaborasi data kasuari berseri yang menyajikan data dokumen perencanaan pembangunan. Dia berharap melalui portal tersebut dapat menjadi wadah untuk mengakses data pembangunan.(LP3/Red)

    Latest articles

    Sekretaris Kampung Argosigemerai Diduga Ikut Kampanye, Bawaslu Lapor BKN

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni tengah mengusut 4 laporan pelanggaran netralitas ASN di Pilkada 2024. Satu dari 4 kasus...

    More like this

    Sekretaris Kampung Argosigemerai Diduga Ikut Kampanye, Bawaslu Lapor BKN

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Teluk Bintuni tengah mengusut 4 laporan...

    Bawaslu Bintuni Tegaskan akan Tertibkan APK Dipasang di Titik Terlarang

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Teluk Bintuni mengimbau pasangan calon (paslon) kontestan...

    Alexander Narwadan Ajak Warga Bintuni Pilih Yo Join: Dia Bawa Misi Perubahan  

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Konsultan politik, Alexander Kolaai Narwadan mengingatkan warga Teluk Bintuni agar memilih pemimpin...