27 C
Manokwari
Rabu, Mei 22, 2024
27 C
Manokwari
More

    IPMT Yogyakarta Dorong Putra-Putri Tambrauw Maju di Pilkada

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Mencermati perkembangan politik di Kabupaten Tambrauw Provinsi Papua Barat Daya Tahun 2024. Ketua Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Tambrauw (IPMT) Yogyakarta Mersy Sedik mengatakan, sudah saatnya setiap daerah mengutus putra-putri terbaiknya untuk ikut serat berkompetisi baik melalui partai politik maupun jalur independen.

    “Berdasarkan sejarah terbentuknya kabupaten Tambrauw, para tokoh pemekaran menegaskan bahwa Kabupaten Tambrauw diperjuangkan menjadi daerah otonomi baru untuk orang asli Tambrauw dari pesisir hingga pegunungan. Kabupaten ini dimiliki oleh suku-suku yang mendiami di atas tanah Tambrauw (Miyah, Ireres, Mpur, Abun dan Bikar), selain dari suku ini boleh kerja sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) dan mengisi berbagai sektor-sektor lain,”ungkapnya Rabu (17/4/2024).

    Baca juga:  HUT Ke-14 Kabupaten Tambrauw, Aktivis Minta Pengakuan Hak Masyarakat Adat dan Konservasi

    Diungkapkannya, Orang asli Tambrauw tidak mengambil hak politik suku-suku lain untuk maju sebagai kepala daerah. Orang Tambrauw tahu bahwa mereka punya Kabupaten ada, maka mereka berhak untuk maju sebagai Bupati Kabupaten Tambrauw. Tidak boleh orang dari luar Kabupaten Tambrauw datang merebut hak kesulungan orang asli Tambrauw, dengan gaya menyogok, memprovokasi, memberi janji dengan berbagai iming-iming apu pun.

    Baca juga:  Bacaleg Protes Penetapan DCS, Ketua Golkar Manokwari: Silakan lewat Mekanisme Partai

    “Jangan datang mendidik masyarakat Tambrauw dengan politik pragmatis tetapi memiliki tujuan terselubung untuk merusak alam, manusia dan budaya kami orang asli Tambrauw. Janji politik yang tidak mendidik masyarakat kami, dan dengan tujuan mempertahankan nepotisme di dalam tubuh sistem yang ada di Tambrauw, maka kami masyarakat Tambrauw tidak mengalami perubahan. Sumber daya manusia kami sudah siap,”tambahnya.

    Baca juga:  Beri Kuliah Umum di UMS, Irjen Tornagogo Sentil Unjuk Rasa tak Ada Solusi

    Dengan melihat kondisi tersebut, IPMT Yogyakarta telah mengambil sikap yaitu, Hentikan politik provokatif dengan janji-janji politik kepada kelompok tertentu dan suku tertentu di Tambrauw, yang berhak untuk calon bupati dan Wakil di kabupaten Tambrauw hanya orang asli Tambrauw yang mendiami suku-suku asli di Tambrauw.(LP3/Red)

    Latest articles

    Buka Rakernis Fungsi Binmas, Kapolda Papua Barat Ingatkan Soal Pengamanan Pilkada...

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat , Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. membuka pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) dalam...

    More like this

    Buka Rakernis Fungsi Binmas, Kapolda Papua Barat Ingatkan Soal Pengamanan Pilkada  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kepala Kepolisian Daerah Papua Barat , Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K., M.T.C.P. membuka...

    Mendagri Terbitkan SE Pilkada Serentak 2024: Imbau Kepala Daerah Jaga Stabilitas, Libatkan Semua Pihak

    JAKARTA, LinkPapua.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Surat Edaran (SE)...

    Tokoh Pemuda Sorsel Serukan Kesempatan Pimpin Daerah

    SORSEL, Linkpapua.com - Tokoh pemuda Sorong Selatan (Sorsel), Ronal Serkadifat, bersama para intelektual muda...