26.9 C
Manokwari
Senin, Mei 6, 2024
26.9 C
Manokwari
More

    Akibat Covid-19, PAD UPTD Metrologi Legal turun 50 persen

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com– Kepala UPTD Metrologi Legal Manokwari, Firmansyah Budi Saputra mengatakan selama masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19), target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari UPTD Metrologi menurun sampai 50 persen.

    Hal ini dikarenakan UPTD Metrologi Legal tidak melakukan tera ulang satuan alat timbang di kios atau pasar secara umum. Pihaknya juga tidak melakukan tera secara luas dikarenakan adanya edaran dari Kementrian untuk menunda pelaksanaan tera.

    Baca juga:  Bapemperda Bersama Kemekumham Bahas 3 Raperda

    “Karena anggaran operasional untuk melakukan tera di kios atau pasar secara umum dialihkan untuk penanganan covid sehingga kita hanya melakukan tera diperusahaan, seperti di SPBU, Pertamina dan pabrik semen karena mereka membutuhkan sertifikasi tera dalam operasional pelayanan. Ini yang buat target retribusi kita menurun,”ungkap Firmansyah Budi baru-baru ini.

    Baca juga:  Satgas COVID-19 Papua Barat Tes Antigen Acak di Tempat Layanan Publik

    Dikatakan Firmansyah Budi, tahun ini pihaknya menargetkan PAD sebesar 30 juta. Namun hingga akhir November yang terealisasi baru sekitar 15-20 juta.

    “Dari pusat juga ada edaran menunda melakukan tera sambil melihat kondisi pandemi ini. Kalau mau dipaksakan tetap melakukan tera tentu berbahaya apalagi pasar pasti sangat ramai akibat yang penumpukan massa. Kita hanya membuka layanan bagi masyarakat yang membawa timbangannya ke kantor untuk melakukan tera, karena kalau di kantor lebih bisa meminimalisir penumpukan massa dengan menerapkan protokol kesehatan,” tambah Firmansyah.

    Baca juga:  Pastikan Layanan Maksimal, Dewas BPJS Kesehatan Sambangi RSU Manokwari

    Dirinya menambahkan awal tahun depan UPTD Metrologi merencanakan terlebih dahulu melakukan pengawasan dan mendata keauratan alat ukur.  Masyarakat juga diminta melaporkan jika ada keluhan terhadap alat ukurnya. (LPB1/red).

    Latest articles

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek Amnpir mengungkapkan perlunya memberikan sosialisasi pelayanan terhadap para pemilik usaha...

    More like this

    Daftar di Hanura, Hermus: Kita Harap tak ke Lain Hati

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon...

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...

    Hermus Indou Hadiri Pembekalan Bacakada PKB, Cak Imin Sampaikan Sejumlah Pesan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati petahana Manokwari Hermus Indou mengikuti pembekalan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada)...