26.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    Bawaslu Minta KPU Siapkan TPS Khusus Bagi Pasien COVID-19

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) minta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan TPS khusus bagi pasien COVID-19 yang sudah memiliki hak memilih pada Pilkada serentak serentak 2020.

    “Hak pilih bagi pasien COVID-19 tidak boleh hilang. Sebisa mungkin mereka harus bisa menyalurkan hak pilihnya pada Pilkada serentak 9 Desember nanti,” kata nggota Bawaslu Papua Barat Divisi Hukum, Data dan Informasi, Muhammad Nazil Hilmi, Senin (23/11).

    Beberapa waktu lalu, sebut Nazil, digelat pertemuan bersama antara KPU, Bawaslu, pemerintah daerah serta utusan Kementerian Koordinator Politik Hukum dan Keamanan

    Baca juga:  SKK Migas Optimistis Pengusaha Papua Jadi Lokomotif Ekonomi KTI

    Ia mengutarakan pada pertemuan yang digelar di Manokwari itu pihaknya menekankan agar pasien COVID-19 bisa tetap menyalurkan hak pilih mereka pada 9 Desember 2020. KPU pada pertemuan itu pun memastikan untuk mengupayakan hak suara pasien COVID-19 atau pun warga yang sedang sakit akibat penyakit lain tetap tersalurkan

    Baca juga:  Sosialisasi Tertib Berlalu Lintas, Ditlantas Polda PB Manfaatkan Hari Valentine

    Terkait TPS khusus, pihaknya menyarankan untuk disiapkan di rumah sakit yang merawat pasien COVID-19. Seperti Manokwari, TPS khusus pasien COVID-19 agar disiapkan di RSU Provinsi Papua Barat, RSUD Manokwari serta rumah sakit dr Azhar Zahir TNI Angkatan Laut.

    Bagi warga pengidap penyakit lain, lanjut Hilmi, pihaknya memberikan dua alternatif yakni keluarga mengantar yang bersangkutan menuju TPS atau KPU membuka TPS berjalan.

    Nazil menambahkan bahwa Bawaslu dan KPU di setiap daerah ditekankan untuk mengoptimalkan partisipasi pemilih. Pandemi COVID-19 merupakan tantangan cukup berat pada Pilkada tahun ini.

    Baca juga:  Gubenur Dominggus Sampaikan LKPj: Program Terealisasi, PAD Tumbuh

    “Banyak hal teknis yang harus dipikirkan pada seluruh tahapan Pilkada, terutama tentang bagaimana menjaga agar partisipasi pemilih tetap tinggi dan masyarakat serta penyelenggara aman dari COVID-19,” ujarnya.

    Pada tahap pemungutan suara serentak nanti pihaknya pun akan mengawal agar protokol kesehatan diterapkan secara ketat.(LPB1/red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    Dominggus Daftar di Perindo Maju Pilgub PB, Singgung Lawan Kotak Kosong

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dominggus Mandacan mengantarkan berkas pendaftarannya ke DPW Partai Perindo Papua Barat...

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek...

    Tuntut Pembayaran Gaji, Honorer Palang Gedung DPR Papua Barat

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Puluhan tenaga honorer berunjuk rasa di Gedung DPR Papua Barat, Senin...