30.3 C
Manokwari
Selasa, Mei 21, 2024
30.3 C
Manokwari
More

    Hermus: Pembentukan DOB Kota Manokwari Masih Diupayakan

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Bupati Manokwari, Hermus Indou, menyatakan proses pembentukan Kota Manokwari sebagai daerah otonomi baru (DOB) telah lama diperjuangkan. Bahkan, sejak 2014 lalu sudah mendapatkan amanat dari presiden dan juga telah memiliki rancangan undang-undang (RUU).

    “Untuk pembentukan Kota Manokwari tentu akan diupayakan. Termasuk juga dampaknya dengan bergesernya Kabupaten Manokwari ke dataran Warpramasi,” ujar Hermus, pekan lalu.

    Baca juga:  Bupati Manokwari Raih Nawacita Awards Kategori Pejuang Demokrasi

    Hermus menjelaskan terkait pergeseran wilayah ini, beberapa infrastruktur kunci harus disiapkan dengan matang, seperti pengembangan jaringan jalan, pendirian perkantoran yang representatif, serta penyediaan hunian bagi para pejabat pemerintahan terkait.

    Ia juga menyampaikan upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manokwari dalam mendorong pemekaran beberapa distrik dan kampung guna mendukung pemindahan wilayah Kabupaten Manokwari ke Warpramasi.

    Untuk tahun ini, pemerintah daerah telah memekarkan lima distrik baru yang didorong untuk memenuhi persyaratan dari sisi administrasi kewilayahan dan pemerintahan.

    Baca juga:  Tertinggi di Papua Barat, Hermus Percepat Eliminasi Malaria di Manokwari

    “Kabupaten pun harus memenuhi persyaratan karena kita punya sembilan distrik. Jadi, kalau sembilan distrik, minimal masing-masing lima distrik,” kata Hermus yang pada 2014 lalu sebagai Ketua Aliansi Pemekaran Kota Manokwari.

    Saat ini, kata dia, di Warpramasi baru ada empat distrik sehingga belum cukup dan mesti ditambah. “Kita persiapkan Mokwam. Masni kita mekarkan dua, Prafi satu yaitu Aimasi. Jadi, total di Warpramasi nanti ada penambahan empat distrik, sementara di Pantura kita tambahkan satu distrik sehingga ketika kota jadi daerah bawahan untuk Kota Manokwari juga memenuhi. Kemudian Kabupaten Manokwari juga memenuhi syarat,” bebernya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Harkitnas, Plt Sekda Teluk Bintuni: Dua Dekade Krusial Menuju Indonesia Maju

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Teluk Bintuni, Frans N Awak, menyebut momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sebagai bagian dari perjalanan panjang bangsa Indonesia...

    More like this

    Harkitnas, Plt Sekda Teluk Bintuni: Dua Dekade Krusial Menuju Indonesia Maju

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Teluk Bintuni, Frans N Awak, menyebut momentum Hari...

    Ribuan Simpatisan Antar MYF Daftar Bacawalkot di Gerindra Kota Sorong

    SORONG, Linkpapua.com- Ribuan warga dari berbagai suku di nusantara mengantar Muhammad Yosan Fadirubun (MYF)...

    Polda Papua Barat Musnahkan Ganja Hasil Penangkapan di Sorong  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Ditresnarkoba Polda Papua Barat memusnahkan barang bukti penyalahgunaan narkoba jenis ganja hasil penangkapan...