27.9 C
Manokwari
Rabu, Mei 15, 2024
27.9 C
Manokwari
More

    DPRD Manokwari Usulkan Pemekaran Distrik demi Tingkatkan Pelayanan Publik

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – DPRD Manokwari menggelar rapat dengar pendapat (RDP) dengan Bagian Pemerintahan Setda Manokwari, Rabu (26/7/2023). Dalam pertemuan ini, DPRD Manokwari mengusulkan pemekaran distrik dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

    “Ada beberapa kelurahan di wilayah Manokwari yang seharusnya sudah naik levelnya menjadi distrik sehingga perlu ada pemekaran distrik baru. Ini berkaitan dengan pelayanan ke masyarakat,” ujar Wakil Ketua I DPRD Manokwari, Norman Tambunan.

    Baca juga:  Pasca Kebakaran Pasar Wosi, Pemkab Manokwari Janjikan Penataan Ulang

    Salah satu contoh adalah Kelurahan Wosi dan Amban yang memiliki luas wilayah dan jumlah penduduk yang sudah seharusnya berstatus sebagai distrik.

    “Amban dan Wosi itu jumlah penduduknya sudah sangat banyak sehingga beban kerja sudah berat kalau statusnya masih kelurahan tentu tidak dapat men-cover yang ada,” jelasnya.

    Baca juga:  Apel Usai Libur, Kasihiw Sindir ASN Malas, tapi Paling Getol Tuntut Hak

    Kabag Pemerintahan Setda Manokwari, Samoel Aronggear, menjelaskan menurut aturan, untuk menjadi distrik, wilayah tersebut setidaknya harus memiliki 10 kampung.

    “Meskipun beberapa kelurahan sudah memenuhi syarat dari segi jumlah penduduk, tetapi cakupan wilayah masih kurang,” ucapnya.

    Baca juga:  Dinilai tak Aspiratif, Wacana Dapil Baru Manokwari di Pileg 2024 Tuai Protes

    Untuk pembentukan lima distrik baru yang perdanya sudah ditetapkan, Aronggear menyatakan pihaknya masih menunggu kode wilayah dari Kemendagri. Setelah kode wilayah tersebut diterbitkan, maka kepala distrik yang baru dapat dilantik. (LP3/Red)

    Latest articles

    Ketua Ikaswara Daftar Bacawabup di PKB Manokwari

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara) Manokwari Suyanto SH., MKn., MM mendaftarkan diri di kantor DPC PKB Manokwari sebagai...

    More like this

    Ketua Ikaswara Daftar Bacawabup di PKB Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Ketua Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara) Manokwari Suyanto SH.,...

    Meriah! Pawai Obor Peringatan HUT Ke-207 Kapitan Pattimura di Teluk Bintuni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-207 mengenang jasa pahlawan Maluku,...

    IPA Convex 2024, Menteri ESDM Tekankan Pentingnya Ketahanan Energi di Hulu Migas

    JAKARTA, Linkpapua.com- Kebutuhan energi yang terus meningkat mendorong industri hulu migas untuk mengamankan pasokan...