27.2 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    DPR Soroti Sektor Pendidikan Papua Barat: Anggaran Besar, Mutu Tertinggal

    Published on

    MANOKWARI,Linkpapua.com- Ketua DPR Papua Barat Orgenes Wonggor mengatakan, Hari Pendidikan Nasional harus menjadi momentum refleksi untuk membenahi kualitas pendidikan di Papua Barat. Ia menyebut, masih banyak persoalan pendidikan yang harus diselesaikan bersama.

    “Dari setiap kunjungan kerja maupun reses, selalu persoalan pendidikan disampaikan oleh masyarakat. Tentunya harus ada kebijakan dari pemerintah untuk bisa menyelesaikan persoalan pendidikan agar bisa mengejar ketertinggalan kita,” ujar Wonggor, Selasa (2/5/2023).

    Baca juga:  Bupati Hermus Buka Palang di Puskesmas Wosi: Tak Ada Lagi Konflik

    Menurutnya, persoalan klasik sektor pendidikan yang masih dihadapi Papua Barat di antaranya berkaitan dengan sarana dan prasarana. Di sektor infrastruktur masih terdapat banyak sekolah yang kekurangan ruang kelas.

    Kondisi ini secara tidak langsung berpengaruh pada kualitas pendidikan. Kata Wonggor, di sektor anggaran, pendidikan mendapat suntikan dana otsus cukup besar.

    Baca juga:  Luxen Thesia: Saya Kawal Aspirasi Rakyat dengan Sisa Waktu yang Ada

    “Alokasi dana otsus untuk pendidikan juga cukup besar sehingga kita berharap adanya perubahan signifikan. Pendidikan sangat penting untuk menyiapkan generasi muda ke depannya,” terang Wonggor.

    Selain sarana dan prasarana, persoalan utama di bidang pendidikan saat ini adalah minimnya SDM guru.

    “Saya juga menyangkan sistem pendidikan kita saat ini adanya kemerosotan di banding 30 tahun lalu. Padahal alokasi anggaran pendidikan begitu besar saat ini,” tambah politisi Golkar tersebut.

    Baca juga:  DPA Molor, Setumpuk Agenda DPR Papua Barat Ikut Terhambat

    Wonggor juga mengkritisi masih ditemukannya guru yang meninggalkan tempat tugas, terutama di daerah pedalaman. Padahal pemerintah juga sudah menyiapkan fasilitas pendukung yang memadai, seperti rumah guru maupun kendaraan dinas. (LP3/Red)

    Latest articles

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan Keluarga Sunda Jawa Madura (Ikaswara) Manokwari menyodorkan 2 figur untuk...

    More like this

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...

    Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Manokwari Belum Tetapkan Caleg Terpilih

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sejumlah kabupaten di Papua Barat belum belum bisa melakukan penetapan anggota DPRD...

    Pilkada Sorsel: Diantar Ribuan Simpatisan, KPK dan KYS Resmi Daftar di PKB dan PDI P

    SORSEL,linkpapua.com- Paulinus Kora (KPK) dan Yonatan Salambau (KYS) hari ini resmi mendaftar sebagai calon...