26.7 C
Manokwari
Selasa, Mei 7, 2024
26.7 C
Manokwari
More

    Pekan Depan, Warga Terdampak Pengembangan Bandara Rendani Mulai Didata

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Ketua Tim Percepatan Pembangunan Manokwari, Raymond Yapp, menyampaikan pekan depan akan dimulai pendataan warga terdampak pengembangan Bandar Udara (Bandara) Rendani.

    “Memang dalam proses relokasi masyarakat bukan sesuatu yang mudah karena melibatkan banyak pihak agar tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari. Tim akan melaksanakan rakor sehingga dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan pendataan warga,” ujar Yapp usai pertemuan dengan Bupati Manokwari, Hermus Indou, di Kantor Bupati Manokwari, Kamis (16/2/2023).

    Baca juga:  Mubes IKA STIH Manokwari, Pemkab Harap Kontribusi Nyata untuk Daerah

    Yapp yang juga merupakan Asisten III Sekretariat Daerah (Setda) Papua Barat mengatakan pendataan direncanakan pada Senin pekan depan. Warga yang ada di sekitar bandara, kata dia, bukan hanya pensiunan pegawai bandara, tetapi juga ada masyarakat umum yang bermukim.

    Baca juga:  Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Manokwari, KASN: Jangan Ada Faktor Like and Dislike

    “Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2018, warga yang terdampak pembangunan strategis nasional akan mendapatkan penggantian berupa relokasi atau penggantian biaya yang sudah diatur. Kita juga membutuhkan peran serta dari pemerintah distrik untuk ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat terdampak agar ada persamaan persepsi dari masyarakat,” terangnya.

    Baca juga:  Hadiri HUT Pomad ke-75 Tahun, Bupati Kasihiw Beri Kado Kendaraan Operasional

    Nantinya, lanjut dia, masyarakat yang terdampak pembangunan akan mendapatkan haknya, yaitu difasilitasi untuk pemindahan.

    “Untuk relokasi warga merupakan kewenangan Pemda Manokwari. Tim hanya melakukan pendataan maupun penerapan regulasi yang sudah ada. Sedangkan Amdalnya merupakan kewenangan Kementerian Perhubungan,” ucapnya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi Pencaker, Disnakertrans Papua Barat Tunggu Persetujuan Pj Gubernur 

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kependudukan Transmigrasi dan Tenaga Kerja Pemerintah Provinsi Papua Barat Derek Amnpir mengungkapkan perlunya memberikan sosialisasi pelayanan terhadap para pemilik usaha...

    More like this

    Daftar di Hanura, Hermus: Kita Harap tak ke Lain Hati

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Manokwari mulai membuka pendaftaran penjaringan calon...

    Syahruddin Makki Layak jadi Cawabup Manokwari: Berdedikasi di Dunia Usaha dan Politik

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Ketua DPW PPP Papua Barat Syahruddin Makki digadang sebagai bakal calon Wakil...

    Hermus Indou Hadiri Pembekalan Bacakada PKB, Cak Imin Sampaikan Sejumlah Pesan

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati petahana Manokwari Hermus Indou mengikuti pembekalan Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada)...