27.7 C
Manokwari
Minggu, Mei 5, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Pemilu 2024, DPD PKS Manokwari Inginkan Format Dapil 2019

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari telah melakukan uji publik terhadap rancangan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manokwari untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024.

    Dalam uji publik itu terdapat dua opsi yang ditawarkan. Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Manokwari, Masrawi Aryanto, pihaknya menginginkan agar pada pemilihan legislatif (Pileg) 2024 nanti masih menggunakan dapil seperti 2019 yang lalu.

    Baca juga:  Ada Kubangan dan tak Terawat, Kasihiw Soroti Gelanggang Argosigemerai

    “Dari dua opsi yang ditawarkan oleh KPU, PKS menyarankan agar menggunakan dapil sesuai dengan tahun 2019 yang lalu. Karena tidak ada perubahan yang signifikan. Kalau disampaikan dari KPU adanya wilayah yang berjauhan, sebenarnya seluruh wilayah Manokwari sudah bisa diakses jalur darat sehingga tidak ada kesulitan wilayah,” ujar Masrawi, Rabu (14/12/2022).

    Baca juga:  Hermus: Demi Nama Besar, Golkar Jangan Dipimpin Orang Baru

    Masrawi mengungkapkan, KPU Manokwari juga menawarkan opsi kedua, yaitu terjadi perubahan di dalam wilayah dapil. Namun, dia menganggap bertentangan dengan aturan.

    “Kalau opsi kedua ada kelurahan yang diubah dari dapil. Padahal, seharusnya kalau mau diubah harus setara, misalnya distrik digabungkan dengan distrik, bukan perubahan kelurahan dengan distrik dalam satu dapil,” ucap anggota DPRD Manokwari ini.

    Baca juga:  Eks Wakil Ketua MRPB Kembali Gabung Golkar, Siap Maju di Pileg 2024

    Sementara itu, berkaitan dengan penambahan kursi dari 25 kursi menjadi 30 kursi di DPRD Manokwari, Masrawi berharap dapat dibagikan proporsional di tiap dapil. (LP3/Red)

    Latest articles

    Sosialisasi B2SA di Fakfak, Pj Ketua PKK Papua Barat Tekankan Pola...

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Barat menggelar sosialisasi B2SA bertajuk Goes To School di Kabupaten Fakfak, Sabtu (4/5/2024). Kegiatan ini digelar sebagai...

    More like this

    Rawat Keberagaman, KB-TK Kemala Bhayangkara 06 Manokwari Gelar Halal bi Halal 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Keluarga besar Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak (KB-TK) Kemala Bhayangkari 06...

    KPU Manokwari Bersama Forkopimda Bahas Kesiapan Pilkada Serentak 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Rapat Koordinasi (Rakor)tahapan pemilihan kepala daerah...

    Ikaswara Sodorkan 2 Figur Dampingi Hermus Indou di Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Jelang konstalasi politik pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 27 November 2024, Ikatan...