27 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27 C
Manokwari
More

    Lestarikan Budaya Lokal, Komisi A Usul Berlakukan Mata Pelajaran Mulok

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com – Ketua Komisi A DPRD Manokwari, Masrawi Ariyanto mengusulkan agar mata pelajaran muatan lokal (Mulok) kembali dimasukan dalam kurikulum pendidikan. Hal itu dianggap penting untuk melestarikan budaya dan kearifan lokal Papua.

    “Mata pelajaran muatan lokal harus lebih diaktifkan kembali agar budaya maupun kesenian Papua kususnya Manokwari tidak pudar dan tetap terjaga dikalangan siswa. Ini sebagai dasar untuk menuntut ilmu yang lebih tinggi.Posisi budaya sangat penting karna mencerminkan kepribadian mengingat dengan perkembangan zaman dan teknologi mulai tergerus,”ungkap Masrawi Selasa (20/10/2020).

    Baca juga:  Penegasan Polres Manokwari Jelang Tahun Baru: Jangan Seenaknya Tutup Jalan

    Dikatakan politisi PKS ini, mata pelajaran mulok juga sebagai wadah ekspresi dari siswa sesuai dengan bakatnya masing-masing.

    Baca juga:  Jokowi Akan Buka Kongres Nasional GMKI ke XXXVII di Manokwari

    “Jika tidak wadah atau media untuk mengekspresikan diri dikawatirkan siswa-siswa malah terpengaruh dengan hal-hal yang negatif. Apalagi di Manokwari ini terdiri dari berbagai macam suku sehingga menjadi cerminan. Siapapun yang ada di Manokwari wajib memahami kearifan lokal disini.Meskipun mulai ada sanggar-sanggar atau kelompok yang melatih anak-anak tentang kebudayaan Papua tetapi itu masih terbatas yang tidak bisa menjangkau semua,”jelas dia.

    Baca juga:  Kantor Imigrasi Kelas I Non-TPI Manokwari Paparkan Capaian Kerja 2022

    Penerapan mulok juga sebagai upaya melestarikan kebudayaan lokal. Untuk itu komisi A akan menyampaikan hal ini kepada dinas pendidikan dan kebudayaan Manokwari.(LPB3/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pasca Autopsi, Penyebab Meninggalnya Yahya Mulai Terkuak

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Misteri penyebab meninggalnya Yahya Sayori yang ditemukan meninggal dunia di hutan Anggori...

    Polresta Manokwari Simulasi Pengamanan Pilkada 2024

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Polresta Manokwari melaksanakan simulasi pengamanan pemilihan kepala daerah Manokwari pada Kamis (16/5/2024)...

    3 Pelaku Penyalahgunaan BBM Subsidi di Manokwari Berhasil Ditangkap

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Satuan Reserse dan Kriminal Polresta Manokwari menangkap 3 orang yang diduga kuat...