26.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 1, 2024
26.3 C
Manokwari
More

    Saber Pungli Pusat Minta Peran Aktif Masyarakat Papua Barat Berantas Pungli

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Satuan Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) menilai fasilitas layanan publik rawan terjadi pungutan liar. Butuh komitmen seluruh pihak, termasuk masyarakat, dalam upaya pemberantasan pungli.

    Sekretaris Saber Pungli Pusat, Irjen Pol. Rudolf Albert Rodja, dalam sosialisasi tentang Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli di Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Selasa (11/10/2022), mengatakan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), menekankan persoalan pungli merupakan sorotan yang harus diberantas.

    “Terdapat tujuh klasifikasi pungli dapat menyebabkan kerugian negara, kerugian kebijakan negara, penggelapan jabatan, pemerasan, perbuatan curang, konflik of interest dan gratifikasi,” kata Rudolf.

    Baca juga:  Dance Sangkek Dilantik Jadi Pj Sekda Papua Barat, Waterpauw Minta Tingkatkan Pendapatan Daerah

    Wewenang satgas, kata dia, membangun sistem pencegahan dan pemberantasan pungli, mengumpulkan data dan informasi, serta melakukan operasi tangkap tangan.

    “Kita harap setelah sosialisasi ini satgas di daerah dapat bergerak. Pokja penindakan harus aktif. Presiden memiliki semangat tinggi untuk memberantas pungli, tapi belum diikuti oleh pokja-pokja terutama didaerah,” ungkapnya.

    Rudolf mengatakan, masyarakat juga memiliki peran aktif untuk memberantas pungli dengan melaporkannya kepada satgas. “Jika satgas di daerah tidak merespons laporan masyarakat, sampaikan saja ke tingkat pusat, maka kami akan mengambil tindakan,” ucapnya.

    Baca juga:  KPU Papua Barat Gelar Pertemuan Tertutup dengan DPR, Ini yang Dibahas

    Rudolf mengungkapkan, pihaknya belum menerima satu pun laporan dari Papua Barat terkait pungli. “Sampai saat ini belum ada laporan dari Papua Barat. Ini yang harus menjadi perhatian, apakah memang tidak ada kegiatan yang dilaksanakan atau ada kegiatan, tapi tidak dilaporkan,” imbuhnya.

    Sementara, Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, diwakili Kepala Inspektorat Papua Barat, Sugiyono, menjelaskan sosialisasi tentang satgas Saber Pungli harus terus dilakukan untuk memberikan kesadaran bahwa pungli masuk dalam kategori korupsi.

    Baca juga:  Groundbreaking Kantor DPW NU Papua Barat, Gubernur: Butuh Dukungan Semua Pihak

    “Pemprov Papua Barat terus melakukan upaya pencegahan pungli dengan peningkatan efektivitas penyelenggaraan negara melalui APPI yang bekerja sama dengan penegak hukum. Dengan itu, diharapkan memberikan hasil perbaikan pembinaan kinerja perangkat daerah serta perbaikan pelayanan. Tindakan preventif menjadi kunci agar selali cermat dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan. Sehingga nantinya dapat mengubah mindset pelayanan,” bebernya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dukung Pengangkatan Anggota DPRP-DPRK Libatkan Lembaga Adat

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri launching mekanisme pengangkatan anggota DPRP dan DPRK di Gedung PKK Papua Barat, Selasa (30/4/2024)....

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dukung Pengangkatan Anggota DPRP-DPRK Libatkan Lembaga Adat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menghadiri launching mekanisme pengangkatan anggota...

    Resmi Daftar di PDIP, Dominggus Mandacan Akui Disodori 13 Calon Pendamping

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dominggus Mandacan resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubernur Papua Barat lewat PDI...

    Operasi Trisila di Papua-Maluku, TNI AL Kerahkan 5 KRI dan 300 Prajurit

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menyiapkan sejumlah alutsista dan 300...