27.7 C
Manokwari
Jumat, Mei 3, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Pembentangan Bendera Sepanjang 77 Meter di Pulau Fani, Waterpauw: Negara Ada di Sini

    Published on

    PULAU FANI, Linkpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)dan masyarakat menancapkan sekaligus membentangkan 77 meter bendera merah putih di Pulau Fani, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Sabtu (13/8/2022).

    Pulau Fani merupakan pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Agenda dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

    Waterpauw menyatakan pihaknya tetap terdepan menjaga kedaulatan negara bersama masyarakat. Selain itu, kata dia, keberadaan Pulau Fani sebagai serambi negara di Papua Barat tidak kosong, melainkan seutuhnya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Baca juga:  Sukses Gelar Turnamen, ESI Manokwari Gairahkan Kembali Iklim Olahraga Esports

    “Hari ini kita mau menyatakan bahwa negara ada di sini, kita sebagai aparat negara, alat penjaga kedaulatan ada di sini bersama masyarakat. Kita harus tunjukkan dalam rangka 77 tahun Republik Indonesia pulau ini tidak kosong dan adalah milik negara dan bangsa Indonesia tercinta,” kata Waterpauw.

    Dia berpesan agar jangan menggunakan senjata melawan musuh, tetapi tugas penting masa kini adalah mengisi kemerdekaan. Pasalnya, kata dia, apa yang ada saat ini tidak terlepas perjuangan para pendahulu dengan keringat, darah, dan air mata.

    Baca juga:  Ratusan Personel Kodam Kasuari Naik Pangkat, Pangdam Tekankan Tanggung Jawab Prajurit Sejati

    Waterpauw juga meminta masyarakat untuk menyatukan tekad bersama tetap menjaga kedaulatan Indonesia. “Tugasnya hanya menjaga dan hadirkan lambang kedaulatan itu. Makanya hari ini saya mau berdiri di bawah bendera merah putih. Saya hanya mau saudara berjanji dan sumpah dalam diri bahwa akan setia bagi negara dan bangsa. Demi merah putih ini,” serunya.

    Baca juga:  Penetapan Provinsi Papua Barat Daya Ditunda Sementara

    Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko Iriano Burdam, mengatakan pemerintah secara bersama telah hadir dan menyatakan eksistensi terhadap kedaulatan negara. Diketahui pijakan kaki di pulau terluar menjadi bukti komitmen kecintaan terhadap bangsa dan negara.

    “Tentunya rangkaian ini bertujuan dan memupuk serta menggugah jiwa semangat nasional kita sebagai masyarakat yang mendiami pulau terluar. Hari ini bulan menyongsong peringatan HUT RI ke-77. Kita saat ini di ujung utara Raja Ampat, Pulau Fani, yang menjadi batas teritorial, dataran terluar,” ucapnya. (LP9/Red)

    Latest articles

    Masih Hadapi Gugatan di MK, KPU Manokwari Belum Tetapkan Caleg Terpilih

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Sejumlah kabupaten di Papua Barat belum belum bisa melakukan penetapan anggota DPRD Kabupaten terpilih hasil Pemilu 2024. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari...

    More like this

    Seleksi Terbuka 19 Jabatan Eselon II Pemprov Papua Barat Resmi Dibuka

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat resmi membuka pendaftaran seleksi terbuka calon pejabat eselon dua....

    NPHD Diteken, Anggaran Pengamanan Pilkada Papua Barat Rp75 Miliar

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama Kapolda Papua Barat Irjen...

    Selama Maret 2024, Hunian Hotel di Papua Barat dan Papua Barat Daya Alami Peningkatan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Papua Barat Merry dalam releasenya Kamis (2/5/2024)...