30.3 C
Manokwari
Selasa, Mei 21, 2024
30.3 C
Manokwari
More

    Polres Manokwari Segera Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Polres Manokwari segera menetapkan tersangka dugaan korupsi penyalahgunaan anggaran Dana Desa di salah satu kampung di Kabupaten Manokwari tahun anggaran 2018.

    “Kita akan melakukan gelar perkara penetapan tersangka dan pemanggilan kepada para pihak yang bertanggung jawab atas penyalahgunaan dalam pengelolaan anggaran kampung tersebut,” kata Kasat Reskrim Polres Manokwari, Iptu Arifal Utama, melalui Kanit Tipikor, Ipda Hardianto, Senin (25/7/2022).

    Baca juga:  2022, Laporan Penganiayaan Jadi Kasus Dominan di Unit PPA Polres Manokwari

    Hardianto mengungkapkan dalam kasus ini oknum penyelenggara kampung secara bersama-sama memperkaya diri dalam pengelolaan anggaran Dana Desa yang diperuntukkan bagi peningkatan infrastruktur dan kesejahteraan di bidang pendidikan.

    Berdasarkan hasil audit penghitungan kerugian keuangan negara Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Papua Barat, kerugian negara dari perkara ini Rp533 juta lebih.

    Baca juga:  Wakil Ketua DPRD Manokwari Buka Puasa Bersama Wartawan

    “Kami Tipikor Polres Manokwari tidak akan main-main dan akan bertindak tegas. Kami akan mengusut berbagai informasi penyalahgunaan pengelolaan Dana Desa yang tersebar di sekitar 164 kampung yg berada di wilayah Kabupaten Manokwari sampai tuntas,” tegas Hardianto.

    Baca juga:  Sempat Bikin Resah Warga, Oknum Kepala Kampung Sukarela Serahkan Senpi ke Polisi

    Pihaknya pun mengingatkan kepada penyelenggara desa/kampung agar tidak memainkan anggaran Dana Desa untuk kepentingan pribadi sehingga merugikan negara dan masyarakat.

    “Jumlah tersangka perkara dugaan korupsi terkait Dana Desa lebih dari satu orang. Siapa orangnya dan akan disampaikan lebih lanjut,” katanya. (LP3/Red)

    Latest articles

    Harkitnas, Plt Sekda Teluk Bintuni: Dua Dekade Krusial Menuju Indonesia Maju

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Plt Sekda Teluk Bintuni, Frans N Awak, menyebut momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) sebagai bagian dari perjalanan panjang bangsa Indonesia...

    More like this

    Polda Papua Barat Musnahkan Ganja Hasil Penangkapan di Sorong  

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Ditresnarkoba Polda Papua Barat memusnahkan barang bukti penyalahgunaan narkoba jenis ganja hasil penangkapan...

    Lepas 171 Calhaj, Hermus Indou: Semoga jadi Haji Mabrur

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou Senin (20/5/2024) melepas 171 calon jamaah haji (Calhaj)...

    LDII Papua Barat Gelar Rakerwil Rumuskan Program Kerja

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Papua Barat menggelar Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil)...