27.2 C
Manokwari
Senin, April 29, 2024
27.2 C
Manokwari
More

    Panja Revisi Tatib DPR Papua Barat Sudah Selesaikan Tugas

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com – Panitia Kerja (Panja) Revisi Tata Tertib DPR Papua Barat telah menyesaikan kajian mengenai pengisian kursi Wakil Ketua 4 DPR. Panja memberi sejumlah rekomendasi yang menjadi prasyarat figur untuk posisi itu.

    Ketua Panja Revisi Tatib DPR Papua Barat Zeth Kadakolo mengatakan hasil kerja panja tersebut sudah ditetapkan tinggal dilakukan paripurna persetujuan.

    “Panja sudah selesaikan tugas revisi tatib Nomor 1 tahun 2020 dalam 3 hari terakhir. Selanjutnya tinggal diparipurnakan pada Rabu esok tanggal 16 Februari. Yang direvisi berkaitan dengan adanya penambahan 1 kakil ketua dari Fraksi Otsus,” ujarnya Selasa (15/2/2022) setelah rapat panja di salah satu hotel di Manokwari.

    Baca juga:  Pj Gubernur Papua Barat Ikuti Pemakaman Kepala Distrik Kramomongga di Fakfak

    Diungkapkan Zeth, setelah disahkan selanjutnya akan dikonsultasikan ke Kemendagri untuk selanjutnya dievaluasi.
    Keputusan ini akan dievaluasi di Kemendagri untuk selanjutnya diperbaiki sesuai hasil evaluasi itu untuk digunakan dalam proses kedewanan lebih lanjut.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Diminta Lebih Serius Tangani Stunting

    Tatib yang diputuskan yaitu mekanisme pengangkatan wakil ketua 4. Disebutkan Zeth, proses pemilihan wakil ketua 4 dari fraksi otsus akan dilakukan melalui mekanisme musyawarah mufakat.

    “Yaitu mengacu pada naskah akademik tentang penetapan anggota DPR otsus berdasarkan ranking,” jelasnya.

    Baca juga:  Pangdam Kasuari - Ketua DPR PB Bertemu, Sepakat Jaga Sinergitas

    Lebih lanjut dikatakan politisi Nasdem itu, prasyarat sebagai Wakil Ketua DPR Papua Barat dari Fraksi Otsus yaitu keterwakilan ranking dari masing-masing daerah pengangkatan. Selanjutnya ada juga syarat besaran keterwakilan suku dan besaran luas wilayah.

    Dalam penentuan tersebut kata Zeth, juga akan melibatkan akademisi dari Universitas Cendrawasih (Uncen) Jayapura.(LP3/Red)

    Latest articles

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    0
    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai, menggelar malam kreativitas di Waisai, Sabtu (27/4/2024). Ajang ini menjadi momen...

    More like this

    PERKARA Gelar Malam Kreativitas di Waisai: Ajang Unjuk Seni-Budaya   

    RAJA AMPAT, Linkpapua.com- Perkumpulan Kreatif Anak Raja Ampat (PERKARA) dan Komunitas Pemuda Kota Waisai,...

    Pantau Kamtibmas, Kapolda Gelar Tatap Muka dengan Masyarakat Maybrat

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Kapolda Papua Barat Irjen Pol Johnny Eddizon Isir, S.I.K, M.T.C.P. melaksanakan kunjungan kerja...

    Pasca-Lebaran Harga Kebutuhan Pokok di Manokwari Perlahan Naik

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pasca-Lebaran Idul Fitri harga sejumlah komoditas pangan di Manokwari perlahan merangkak naik....