26.2 C
Manokwari
Kamis, Mei 2, 2024
26.2 C
Manokwari
More

    LP3BH Minta Kapolda Papua Barat Serius Tangani Kasus Yayasan Tipari

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Direktur Eksekutif Lembaga Penelitian, Pengkajian dan Pengembangan Bantuan Hukum (LP3BH) Manokwari Yan Christian Warinussy kembali mempertanyakan kelanjutan kasus dugaan korupsi dana hibah Yayasan Tipari. Warinussy menilai, penyelidikan kasus ini tidak menunjukkan kemajuan.

    “Karena itu saya kembali mempertanyakan kepada Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing dan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kombes Pol Romilus Tamtelahitu mengenai perkembangan penyelidikan kasus ini. Karena kami tidak melihat kemajuan penyelidikan,” terang Warinussy dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/2/2022).

    Baca juga:  Dewan Adat Papua : Calon Pj Gubernur Papua Barat tak Mutlak Harus OAP

    Kasus dugaan korupsi dana hibah Yayasan Tipari terjadi di Kabupaten Sorong Selatan. Hibah dikucurkan pemda pada 2017-2019.

    Dikatakan Warinussy, sejauh yang ia ketahui, kasus ini dahulunya dilidik awal oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong. Kemudian oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Sorong Erwin P Saragih “dilimpahkan” kepada Polres Sorong Selatan (Sorsel).

    Belakangan oleh Polres Sorsel, kasus ini kemudian dilidik lalu “dialihkan” lagi ke Ditreskrimsus Polda Papua Barat.

    Baca juga:  Polda Papua Barat Kirim Delapan Orang Ikuti Seleksi Lanjutan Akpol, Dua OAP

    “Sehingga jika belakangan ada isu yang kami dapati bahwa kasus ini akan dikembalikan ke APIP untuk ditangani lebih dahulu, maka sangat mengherankan,” katanya.

    Warinussy mempertanyakan mengapa proses sejak tahun 2017 lalu sudah berjalan dan diduga keras ada kerugian negara, tapi pejabat yang mengelola anggaran tersebut tidak mengambil tindakan demi menghindari adanya kerugian negara berulang kali?

    Baca juga:  Wartawan yang Dikeroyok Saat Meliput Kebakaran di Pasar Wosi Juga Dirampok

    Karena itu ia mendesak Kapolda Papua Barat untuk dapat segera menindaklanjuti proses hukum kasus Yayasan Tipari ini ke tahap selanjutnya, yaitu penyelidikan.

    Menurut Warinussy, peningkatan tahapan proses hukum hingga penetapan tersangka kasus Yayasan Tipari akan memberi dampak positif bagi keseriusan Kapolda Papua Barat dan jajarannya dalam penegakan hukum di Tanah Papua, khususnya di wilayah hukum Pengadilan Negeri Tipikor Manokwari, Papua Barat. (LP2/Red)

    Latest articles

    Hadiri Halal Bi Halal KKSM, Hermus Dinobatkan jadi Warga Kehormatan

    0
    MANOKWARI, linkpapua.com- Bupati Manokwari Hermus Indou menghadiri halal bi halal Kerukunan Keluarga Surabaya Manokwari (KKSM) di Hotel Valdos, Manokwari, Rabu (1/5/2024). Di kesempatan itu...

    More like this

    Universitas Caritas Papua Indonesia Resmi Hadir di Manokwari, Buka 5 Prodi

    MANOKWARI,linkpapua.com- Universitas Caritas Indonesia (UNCRI) secara resmi hadir di Kabupaten Manokwari tahun akademik 2024-2025....

    Hari Buruh, Pesan Pj Gubernur Ali Baham: Perjuangkan Keselamatan-Kesehatan Kerja!

    MANOKWARI,linkpapua.com- 1 Mei 2024 hari ini diperingati sebagai Hari Buruh Internasional. Pemprov Papua Barat...

    Pisah Sambut Pangdam Kasuari: Mayjen Ilyas Pamit, Mayjen Haryanto Lanjutkan Estafet

    MANOKWARI,linkpapua.com- Kodam XVIII Kasuari menggelar acara pisah sambut Pangdam XVIII Kasuari di Makodam Kasuari,...