27 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27 C
Manokwari
More

    Wakil Bupati Teluk Bintuni Instruksikan OPD Aktif Jalankan Program Penurunan Stunting

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com – Wakil Bupati Teluk Bintuni, Matret Kokop, menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Teluk Bintuni yang terlibat langsung dalam upaya konvergensi percepatan penurunan stunting untuk meningkatkan sinergi dan aktif terlibat dalam tim.

    Salah satu program yang harus dilaksanakan adalah mendukung langkah-langkah penurunan stunting, seperti memastikan pemenuhan konsumsi gizi seimbang, percepatan perbaikan gizi anak, serta pemenuhan sanitasi dasar melalui penyusunan rencana kegiatan dan anggaran sesuai kesepakatan.

    Baca juga:  Kasihiw Marah ASN tak Ikut Upacara HUT Korpri: Insentifnya Potong!

    “Dengan demikian, pelaksanaan delapan aksi konvergensi untuk percepatan penurunan stunting dapat berjalan lebih baik dan memberikan dampak positif dalam menurunkan prevalensi stunting,” ujar Matret saat membuka Rembuk Stunting 2023 di Kantor Bappelitbangda Teluk Bintuni, Selasa (4/7/2023).

    Matret menambahkan bahwa hasil dari upaya percepatan penurunan stunting akan menjadi tolok ukur pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, yaitu mengakhiri segala bentuk malnutrisi pada tahun 2030.

    Ia juga menegaskan peran OPD teknis yang telah ditunjuk untuk terlibat dalam tim aksi konvergensi. Di antara OPD teknis yang terlibat dalam tim ini adalah Dinas Kesehatan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Anak, dan Keluarga Berencana (DP2AKB), Dinas Sosial, Bappelitbangda, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, serta Dinas PUPR.

    Baca juga:  460 Keluarga di Manokwari Terima Bantuan Pangan Bapanas

    Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan, Christina Y. Inanosa, menyoroti OPD anggota tim teknis aksi konvergensi, yakni Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman serta Dinas PUPR, yang tidak pernah terlibat secara aktif.

    Baca juga:  1 Tahun PKBM Kasih Rumbai Koteka Bintuni : Kini Tampung Ratusan Anak Putus Sekolah

    “Dalam setiap pertemuan tim aksi konvergensi, kedua OPD ini tidak pernah terlibat. Kami juga bingung bagaimana dapat berkoordinasi, padahal peran dari kedua OPD ini sangat penting dalam tim,” ungkap Christina.

    Christina juga menyebutkan bahwa tugas yang harus diselesaikan Dinas Perumahan dan Dinas PUPR dalam aksi konvergensi percepatan penurunan stunting adalah menyelesaikan persoalan sarana air bersih dan rumah layak huni untuk keluarga yang berisiko stunting. (LP5/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...