29 C
Manokwari
Minggu, Desember 10, 2023
29 C
Manokwari
More

    Resmikan Tiga Provinsi Baru di Papua, Mendagri Tito Lantik Pj Gubernur

    Published on

    JAKARTA, Linkpapua.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, meresmikan tiga daerah otonom baru (DOB) di Papua, yaitu Provinsi Papua Selatan, Provinsi Papua Tengah, dan Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (11/11/2022). Peresmian berlangsung di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta.

    “Hari ini, Jumat, tanggal 11 November 2022, bertempat di Jakarta, saya Muhammad Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri, atas nama Presiden Republik Indonesia dengan ini meresmikan Provinsi Papua Selatan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2022, Provinsi Papua Tengah berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2022, dan Provinsi Papua Pegunungan berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2022,” kata Mendagri Tito.

    Peresmian ditandai dengan pemukulan tifa oleh Mendagri Tito bersama Wakil Mendagri, John Wempi Wetipo, dan beberapa pejabat lainnya.

    Dalam agenda ini, Mendagri Tito juga melantik tiga orang penjabat (Pj) gubernur, masing-masing Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Papua Tengah, dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Cek Kepastian SK Wakil Ketua IV ke Kemendagri

    Ketiga penjabat gubernur tersebut memiliki latar belakang akademisi dan pejabat pemerintahan.

    Apolo Safanpo merupakan Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen); Ribka Haluk adalah Kepala Dinas Sosial, Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak, Pemerintah Provinsi Papua; sedangkan Nikolaus Kondomo adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Papua.

    Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 115/P Tahun 2022 yang ditetapkan tanggal 10 November 2022. Sebagaimana tertuang dalam Keppres, masing-masing pj gubernur paling lama menjabat selama satu tahun.

    Rangkaian acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengucapan sumpah/janji jabatan serta fakta integritas oleh masing-masih pejabat yang dilantik. (*/Red)

    Sumber: Setkab

    Latest articles

    Forkopimda Teluk Bintuni Satu Suara: Wujudkan Pemilu Damai 2024

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com- Badan Kesbangpol Pemkab Teluk Bintuni menggelar Deklarasi Pemilu Damai 2024 di GSG Bintuni, Sabtu (9/12/2023). Di momentum ini, Forkopimda berkomitmen mewujudkan Pemilu...

    More like this

    Wisuda Taruna Poltekip/Poltekim, Menkumham Yasonna: Mau Kompetitif? Kuasai Teknologi

    JAKARTA, LinkPapua.com - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, meminta...

    Tiba di Sorong, Ganjar Disodori Aspirasi Perbaikan Rumah Tak Layak Huni

    SORONG, LinkPapua.com - Bakal calon presiden (bacapres) PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, disambut ratusan kader...

    Hari Ibu di Papua Barat, Menteri PPPA Dorong Perempuan Mandiri dan Tangguh

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Menteri Pemberdayaan Perlindungan Perempuan Dan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mengunjungi Papua...