27.4 C
Manokwari
Sabtu, April 20, 2024
27.4 C
Manokwari
More

    Penjabat Gubernur Papua Barat Minta Tingkatkan Serapan Anggaran

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Penjabat Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw, menyampaikan bahwa untuk pengendalian inflasi daerah (PID), salah satunya dengan meningkatkan serapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

    Waterpauw menyampaikan hal itu dalam rapat koordinasi (rakor) pengendalian inflasi yang digelar di Hotel Aston Niu Manokwari, Kamis (18/8/2022).

    “Dalam catatan BPS (Badan Pusat Statistik) dan BI (Bank Indonesia), angka inflasi Papua Barat hanya 2,97 yang berarti sangat baik. Sedangkan pendapatan domestik Papua Barat 6,7. Ini menunjukan kerja yang baik dalam peningkatan pendapatan domestik. Memang kondisi dunia yang sulit menuntut kita di daerah bekerja lebih selain melalui peningkatan daerah juga pengendalian inflasi. Perintah pimpinan agar daerah bisa menggunakan dana tidak terduga sesuai dengan aturan. Itu untuk mempercepat serapan anggaran APBD,” bebernya.

    Baca juga:  Ali Baham Bicara Konsep Pembangunan: Pemerintah tak Bisa Jalan Sendiri

    Waterpauw mengatakan dengan serapan anggaran yang baru mencapai 39 persen, angka tersebut masih harus ditingkatkan. “Serapan kita sampai bulan Agustus ini belum maksimal, maka serapan harus dipercepat. Anggaran yang ada jangan diendapkan di bank. Dengan serapan anggaran meningkat maka perekonomian daerah juga pasti meningkat tentu dampak juga ke masyarakat,” tuturnya.

    Baca juga:  Dinas Kehutanan Papua Barat Tahan 2 Truk Berisi 8 Kubik Kayu Ilegal

    Pemerintah pusat, lanjut dia, meminta agar setiap daerah menjamin ketersediaan pasokan barang yang dibutuhkan masyarakat, tingkat kemahalan harga barang, serta kelancaran distribusi barang. (LP3/Red)

    Latest articles

    PFM Ingatkan Pj Gubernur Alokasikan Anggaran Memadai untuk MRPBD

    0
    SORONG, Linkpapua.com- Mananwir Paul Finsen Mayor (PFM) mengingatkan Pj Gubernur Papua Barat Daya agar memperhatikan keuangan MRPBD. Sebab posisi MRPBD hari ini sangat strategis...

    More like this

    Tren Kasus DBD Naik, Dinkes Papua Barat Lakukan Edukasi di Masyarakat

    MANOKWARI, linkpapua.com- Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat Feny Maya Paisey mengatakan, tren kasus DBD...

    Pemprov Papua Barat Segera Gelar Forum OPD dan Pra-Musrenbang

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar apel perdana pascalibur Idul Fitri, Jumat (19/4/2024)....

    Pasca-Idul Fitri, Dinas PUPR Papua Barat Benahi Kawasan KM 11 Manokwari

    MANOKWARI, linkpapua.com- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Papua Barat mulai membenahi...