28.7 C
Manokwari
Kamis, Juni 20, 2024
28.7 C
Manokwari
More

    Pemkab Bintuni Salurkan Beras CPP ke 24 Distrik, Sekda: Harus Hati-hati

    Published on

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com– Dinas Ketahanan Kabupaten Teluk Bintuni menyalurkan bantuan beras dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) kepada 24 distrik. Plt Sekda Teluk Bintuni Frans N Awak mengingatkan, penyaluran harus dilakukan dengan hati-hati.

    Penyaluran dilakukan secara simbolik, Rabu (20/12/2023). Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Teluk Bintuni Richard Talakua menyampaikan, pemda mendapat tambahan alokasi beras CPP sebanyak 89,7 ton. Sebelumnya, kuota reguler alokasi yang diterima sebanyak 38,1 ton.

    “Dengan adanya tambahan tersebut, praktis jumlah total beras CPP yang disalurkan untuk masyarakat Teluk Bintuni di tahap dua ini sebanyak 127,9 ton,” jelas Richard.

    Dikatakan Richard, beras cadangan bahan pangan (CBP) itu akan dibagikan untuk 3.817 Keluarga Penerima Manfaat KPM) di 24 distrik dalam rangka menyambut perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

    Baca juga:  Kafilah Distrik Bintuni Pertahankan Juara Umum MTQ X Kabupaten

    “Puji Tuhan bulan ini kami kembali dapat tambahan 89,7 ton. Nanti untuk penyalurannya, yang di 22 distrik kami minta tolong bantuan Kepala Distrik untuk mendistribusikan ke masyarakat, dan yang 2 distrik di kota, akan disalurkan oleh PT Yasa,” katanya.

    Penyaluran beras CPP ini merupakan program dari Badan Pangan Nasional bekerjasama dengan Perum Bulog. Secara nasional, kontraktor yang ditunjuk untuk menyalurkan beras ini adalah PT Yasa.

    Agar bantuan tersebut tepat sasaran, kata Richard, Dinas Ketahanan Pangan akan melakukan pengawasan secara melekat.

    “Kami sudah peringatkan kepada semua pihak yang terlibat dalam rantai distribusi, jangan ada penyelewengan. Ini hak masyarakat yang harus diberikan ke mereka,” tandas Richard.

    Baca juga:  Begini Begal Manokwari Beraksi: Sasarannya Perempuan, Dibuntuti Lalu Dipepet

    Di tempat yang sama Plt Sekda Frans N Awak menyampaikan Kegiatan penyaluran CPP merupakan program pemerintah tahap kedua. Tujuan dari program ini untuk mengurangi beban pengeluaran dari keluarga penerima manfaat.

    Selain itu, CPP juga Sebagai upaya menangani kerawanan pangan, kemiskinan ekstrem, stunting, gizi buruk dan upaya menurunkan inflasi di daerah.

    “Di media sudah ada berita tentang naiknya harga barang di pasar, harapannya bantuan ini salah satu solusi untuk membantu masyarakat kita” ujar Frans.

    Sekda juga mengimbau kepada kepala sistrik sebagai penerima bantuan pangan agar manfaatkan dengan sebaik baiknya bantuan ini.

    “Pengalaman bantuan yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat kita harus hati-hati mekanisme penyaluran agar diatur,” ujar Frans.

    Frans mengimbau Dinas Ketahanan Pangan, kepala distrik dan penyalur PT Yasha agar dapat kerja sama berkolaborasi melaksanakan tugas ini sebaik-baiknya sehingga dapat berjalan sesuai harapan pemerintah, tiba tepat sasaran dan dirasakan masyarakat.

    Baca juga:  Pawai Taaruf Meriahkan MTQ X Teluk Bintuni 2024

    Sementara itu, Perwakilan PT PT Yasa Artha Trimanunggal Hendrik mauritsi mengatakan, sebagai transporter beras yang sudah disalurkan selama tahun 2023 yakni sebanyak 511.760 kg dengan rincian, Penyaluran Bulan September 38.170 kg tambahan 89.770 kg menjadi 127.940 Kg, Oktober sebesar 38.170 tambahan 89.770, November reguler sebesar 38.170 kg dan tambahan 127.940 kg. Pada Desember 2023 penyaluran sebesar 38.170 kg ada tambahan 89.770 menjadi 127.940 kg.

    “Kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan penyaluran bantuan ini, terkhusus kepada Pemda Teluk Bintuni,” ujar Maurits. (LP5/red)

    Latest articles

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    0
    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni, Rabu (19/6/2024). Aksi ini berujung ricuh. Massa melakukan perusakan di kantor...

    More like this

    Demo Tuntut jadi ASN Berujung Ricuh, Kantor BKPP Bintuni Dirusak

    BINTUNI,LinkPapua.com-Sekelompok massa berunjuk rasa di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Teluk Bintuni,...

    Kasus Korupsi Beras di Bintuni Naik ke Penyidikan, ASN Calon Tersangka

    TELUK BINTUNI,Link Papua - Polisi menaikkan status kasus dugaan penyelewengan beras Bulog ASN di...

    Pilkada 2024, PDIP Papua Barat Menunggu Arahan DPP

    MANOKWARI, Linkpapua.com- 2 bulan jelang pendaftaran calon kepala daerah pada Agustus mendatang, Partai Demokrasi...