27 C
Manokwari
Minggu, Juni 16, 2024
27 C
Manokwari
More

    Pekan Imunisasi Nasional Polio, Pemprov Papua Barat Berikan Hadiah Sembako

    Published on

    MANOKWARI, LinkPapua.com – Pemprov Papua Barat melanjutkan program Pekan Imunisasi Nasional Polio (PIN Polio) dengan menggelar pencanangan di TK Yuliana, Jalan Pasir Putih, Kamis (30/5/2024). Sebelumnya, pencanangan telah dilakukan di TK Cendrawasih Sowi, Senin (27/5/2024).

    Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Fenny Mayana Paisei, menekankan pentingnya imunisasi PIN Polio untuk mencegah penyebaran virus polio. Penularan virus polio, kata dia, dapat melalui makanan, minuman yang terkontaminasi, percikan ludah, serta tinja penderita.

    Baca juga:  Presiden Jokowi Diharapkan Buka Resmi Kongres XXV PWI di Bandung

    “Virus polio menyerang anak usia 0-7 tahun. Apabila anak sudah tertular, maka akan susah diobati, dapat mengalami kelumpuhan, bahkan kematian,” ujarnya.

    Acara ini juga dihadiri Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, yang diwakili Pj Sekda, Jacob Fonataba. Jacob menjelaskan polio adalah penyakit menular yang menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan seumur hidup, bahkan kematian.

    Baca juga:  Lagi! DPR Papua Barat Surati Pemprov, Minta Segerakan Setor Dokumen KUA/PPAS Perubahan 2022

    “Namun, kita jangan khawatir. Polio dapat dicegah dengan memberikan imunisasi tetes polio. Tetes polio sangat aman dan ampuh untuk melindungi anak-anak kita dari penyakit ini,” katanya

    Jacob menambahkan untuk melindungi anak-anak, pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten telah memulai PIN Polio sejak 23 Mei 2024. Setiap anak akan mendapatkan imunisasi pada Mei, Juni, Juli, Agustus, dan September 2024.

    Baca juga:  Hadirkan Heli di Manokwari, DMC-Salemo Jawab Kebutuhan Transportasi

    “Imunisasi polio adalah hak setiap anak dan tanggung jawab pemerintah agar anak-anak kita tidak mendapat serangan dari penyakit berbahaya ini,” ucapnya.

    Pada kesempatan ini, Pemprov Papua Barat memberikan hadiah berupa 125 paket sembako untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (LP14/red)

    Latest articles

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    0
    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam rangka Lebaran Idul Adha 1445 H/2024 M. Penyerahan dilakukan Wakil...

    More like this

    Pemkab Teluk Bintuni Salurkan 59 Ekor Sapi Kurban

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni menyerahkan 59 ekor sapi kurban dalam...

    Pj Gubernur Ali Baham Serahkan Sapi Kurban 1 Ton Bantuan Presiden ke Ponpes Darussalam Manokwari

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pejabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan sapi Kurban bantuan...

    Hadiri Penamatan SD YPPK Santa Sisilia, Hermus Sampaikan Pentingnya Pendidikan  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- SD YPPK Santa Sisilia Manokwari menggelar penamatan bagi siswa kelas VI pada...