27.3 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Pasok Pupuk Subsidi ke Bintuni, PT Bhanda Sudah Jangkau 6 Distrik

    Published on

    BINTUNI, linkpapua.com Transportir pupuk subsidi PT Bhanda Ghara Reksa telah dua kali memasok pupuk subsidi bagi petani di Teluk Bintuni. Pasokan menjangkau sedikitnya 6 distrik.

    “Pengiriman pupuk ke Bintuni, sebelumnya sudah pernah. Ini yang kedua kali,” sebut perwakilan dari transportir PT Bhanda Graha Reksa, Madi, Rabu sore (3/11/2021) di Pelabuhan Bintuni.

    Pupuk yang dipasok PT Bhanda diterima oleh perusahaan distributor, CV Papua Putra Perkasa. CV Papua Perkasa kemudian menjadi penyalur ke seluruh distrik yang telah ditunjuk.

    Menurut Madi, pupuk ini akan dibagi untuk keseluruhan. Termasuk wilayah Babo yang ikut didrop di Bintuni.

    Baca juga:  Biaya Perjalanan Dinas Terindikasi Jadi Temuan, DPRD Manokwari Beri Klarifikasi

    “Nanti ada dari Babo bisa diambil dari sini, karena kita tidak sempat kita koordinasi maka kita antar ke sini (Pelabuhan Bintuni). Kadang kita kasih turun juga di Babo agar petaninya lebih ringan kerjanya. Tidak usah perjalanan jauh, intinya jangan kasih susah petani,” jelas Madi.

    Sementara itu, Lisa Nusa, pimpinan CV Papua Putra Perkasa mengungkapkan, seluruh stok pupuk langsung didistribusi ke distrik masing-masing. Kecuali Distrik Babo dan Sumuri. Dua distrik ini punya alur distribusi berbeda.

    “Saya distribusikan langsung ke semua distrik. Kecuali Babo dan Sumuri. Dia masuk ke gudang penyalur duku. Tidak bisa langsung di distribusikan. Harus melalui transportasi laut,” jelasnya.

    Baca juga:  Dinkes Mansel Gelar Workshop untuk Peningkatan Standar Akreditasi Puskesmas

    Menurut Lisa, dalam penyaluran pupuk subsidi ada regulasi yang mengikat para petani. Di antaranya punya RDKK. Di mana semua harus mengisi dokumen sesuai aturan pupuk subsidi.

    “Itu dilakukan oleh ketua kelompok tani untuk mengisi delapan lampiran permintaan petani. Itu diisi oleh petani dan ditandatangani oleh ketua kelompok masing-masing,” terang Lisa.

    Saat ini kata dia, ada 6 distrik yang secara rutin dijangkau pupuk subsidi. Di antaranya Distrik Bintuni, Manimeri, Tuhiba, Mayado, Babo dan Sumuri.

    Baca juga:  Polda Tetapkan 9 Tersangka Tambahan Penyerangan THM Sorong

    “Itu sementara, siapa tahu ke depan semua distrik yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni dapat menikmati pupuk bersubsidi. Kita tinggal lihat sekarang harus punya elektronik RDKK,” ujar Lisa.

    Masih kata Lisa, pembagian pupuk bersubsidi ini diketahui oleh Pemerintah Daerah Teluk Bintuni. Pihak distributor menerima volume pupuk dan wilayah jangkau sesuai SK pemda.

    “Itukan ada print out RDKK-nya , ada SK-nya, jadi kita salurkan sesuai dengan SK Dinas Pertanian Kabupaten,” imbuhnya. (LP5/red)

    Latest articles

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    0
    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024. Kemenkumham dinobatkan...

    More like this

    Kemenkumham Raih Penghargaan Digital Government Awards SPBE Summit 2024

    JAKARTA, LinkPapua.com - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali meraih penghargaan Digital Government Awards...

    Pembangunan Dermaga Tofoi Teluk Bintuni Capai 99%, Peresmian Dijadwalkan 6 Juni

    TELUK BINTUNI, LinkPapua.com - Dermaga Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) di Kampung Tofoi,...

    Penerimaan Bintara Polri dan Akpol Tahun 2024 Masuki Tahap Akhir

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Proses seleksi Polda Papua Barat memasuki tahap akhir. Dari 8.000 peserta di...