27.1 C
Manokwari
Selasa, Juli 16, 2024
27.1 C
Manokwari
More

    Masyarakat Suku Meyah bentuk koperasi kelola emas di Manokwari

    Published on

    Manokwari, LinkPapuaBarat.com– Dewan Adat tujuh wilayah Suku Meyah telah membentuk koperasi untuk mengelola potensi pertembangan emas di wilayah Prafi hingga Masni.

    Melalui wadah koperasi yang diberi nama Meirengkey Meyah Otgesinsu itu masyarakat adat akan mengelola potensi emas di wilayah tersebut melalui skema pertambangan rakyat

    Menyikapi itikat baik mayarakat adat itu, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan pada Kamis (15/10) mengumpulkan sejumlah OPD terkait bersama masyarakat. Pertemuan itu dilakukan untuk membahas hal-hal teknis terkait proses perizinan.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Minta 4 Pemerintah Daerah Segera Teken NPHD Pilkada 2024

    Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua Barat, Yohanes Tulus pada pertemuan itu mengutarakan bahwa penerbitan izin pertambangan untuk saat ini belum bisa diterbitkan karena masih menunggu peraturan pemerintah.

    Baca juga:  Wabup Teluk Bintuni Resmikan Rumah Restorative Justice Dorong Perdamaian dan Keadilan

    “Saya pikir surat dari menteri maupun pak gubernur sudah kita sampaikan kepada masyarakat adat. Dengan demikian kami harap sudah mengerti,”ucap Tulus.

    Dia menjelaskan, izin bertambangan rakyat dikeluarkan oleh Menteri ESDM. Untuk mempermudah pelayanan, pusat melimpahkan prosesnya kepada gubernur.

    Baca juga:  Buka Giat Balitbangda, Gubernur Ajak Masyarakat Sebarkan Informasi Pembangunan Papua Barat

    Dijelaskan pula bahwa izin pertambangan rakyat bisa diberikan baik kepada perorangan maupun koperasi. Masing-masing memiliki ketentuan terutama terkait luasan areal yang dikelola.

    “Untuk perorangan lahan yang dikelola maksimal 5 hektar, sedangkan untuk koperasi bisa 10 hektar. Kalau masyrakat mau mengelola 15 atau 20 hektar maka harus dua koperasi yang dibentuk,” ujarnya. (LPB1/red)

    Latest articles

    KPU Manokwari Sarankan Bakal Calon Tidak Mendaftar Dihari Terakhir Pendaftaran

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2024 tentang pencalonan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil...

    More like this

    KPU Manokwari Sarankan Bakal Calon Tidak Mendaftar Dihari Terakhir Pendaftaran

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manokwari menggelar Sosialisasi Peraturan KPU Nomor 8 tahun...

    Sosialisasikan Amdal-net, DLH Papua Barat: Ini Langkah Penyelamatan Lingkungan 

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Papua Barat melakukan sosialisasi dan...

    Pengusaha Desak Kejati Tuntaskan Dugaan Korupsi 3 Proyek Jalan di Papua Barat

    MANOKWARI,linkpapua.com- Pengusaha asli Papua mempertanyakan belum adanya sikap konkret Kejaksaan Tinggi Papua Barat dalam...