27.3 C
Manokwari
Selasa, Juli 23, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Lakukan Apel Siaga Bencana, Pjs Bupati Teluk Bintuni Cek Kesiapan Personil Gabungan

    Published on

    Bintuni,Linkpapuabarat.com- Personil gabungan dari TNI/Polri dan Pemkab Teluk Bintuni menggelar apel pasukan dalam rangka penanggulangan bencana alam di Kabupaten tersebut. Apel gelar pasukan digelar di halaman Polres Teluk Bintuni, Jumat (13/11/2020). Pjs Bupati, Agustinus M Rumbino, S.IP. M.Si menjadi Pembina dalam apel ini.

    Dalam sambutannya, Pjs Bupati menyampaikan melihat perkembangan situasi nasional saat ini, pandemi covid-19 masih menjadi perhatian penting pemerintah pusat sampai tingkat daerah.

    “Selain itu, perlu kita waspadai perubahan cuaca ekstrim, hujan lebat dan angin kencang yang dapat mengakibatkan, bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di beberapa wilayah papua barat,” kata bupati.

    Baca juga:  Ruangan Bedah RSUD di Tutup Sementara, Edi Budoyo : Kesehatan Petugas Sangat Penting

    Lanjut bupati, mencermati fenomena alam tersebut, diperlukan langkah-langkah pro aktif, dengan melakukan kesiapan personil baik secara kualitas maupun kuatitas, kelengkapan sarana dan prasarana, serta metode penanganan yang benar dalam membantu korban bencana alam dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

    Diharapkan melalui apel kesiapsiagaan ini, pemerintah daerah TNI/Polri beserta seluruh jajarannya mampu mempersiapkan diri secara maksimal dengan sumber daya yang dimiliki baik personil maupun sarana dan prasarana.

    Baca juga:  Pj Gubernur Ali Baham Beberkan Tantangan Berat Papua Barat Menuju Indonesia Emas 2045

    “Siapkan sarana dan prasarana guna mendukung kegiatan di lapangan dan siapkan personil yang taktis, cepat dan dapat digerakkan sewaktu-waktu kelokasi terjadinya bencana,” jelas bupati.

    Semua personil gabungan diminta menjalin sinergi antar seluruh instansi dalam melaksanakan tugas atau pihak yang terkait khususnya yang berhubungan dengan informasi dini bencana. Melaksanakan pelatihan bersama dalam penanganan bencana alam dan penanganan covid-19 serta meningkatkan kemampuan dalam melatih kesiapsiagaan jika terjadi bencana alam.

    Baca juga:  Al-Azzam Juara, Hermus Dukung BKPRMI Cup Jadi Turnamen Tahunan

    Kepada personil yang bertugas bupati berpesan tetap melayani masyarakat dengan baik dan mematuhi protokol kesehatan.

    “Saya berpesan kepada seluruh pihak yang terkait dalam siaga bencana ini, setiap pelaksanaan tugas dan tanggung jawab selalu memahami bahwa kesehatan dan keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi,” pungkas bupati.

    Apel siaga bencana ini dihadiri oleh seluruh Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkopimda), serta seluruh personel pasukan dari TNI-Polri, Basarnas, Satpol PP, PMI, dan Rumah Sakit Umum Daerah. (LPB5/red)

    Latest articles

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung Andriano Ananta Mapolres Bintuni, Selasa (23/7/2024). Dalam sosialisasi ini, Polres...

    More like this

    Diajak ke Kebun, IRT di Manokwari Ditembak Suami

    MANOKWARI, linkpapua.com- Seorang ibu rumah tangga (IRT) Manokwari bernama Nely Saori (49) ditembak saat...

    Lepas 85 Mahasiswa KKN, Ketua STKIP Muhammadiyah Manokwari Ingatkan Jaga Nama Institusi

    MANOKWARI, Linkpapua.com- STKIP Muhammadiyah Manokwari melepas 85 mahasiswa yang akan melakukan KKN di 8...

    Songsong Pilkada, Polda Papua Barat Gelar Tabligh Akbar dan Deklarasi Damai

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Dalam rangka mewujudkan Pilkada damai 2024 di Provinsi Papua Barat, Polda Papua Barat...