25.7 C
Manokwari
Jumat, Juli 12, 2024
25.7 C
Manokwari

Search for an article

More

    KPU Papua Barat Tetapkan 35 Caleg Terpilih, Golkar Jadi Ketua DPR Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 35 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua Barat terpilih periode 2024-2029. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno terbuka di Manokwari, Jumat (14/6/2024) malam.

    Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya mengungkapkan pleno yang digelar tersebut merupakan tahap akhir dari pelaksanaan Pileg.

    “Ini merupakan puncak dari tahapan Pileg 2024 yang dimulai dari tahun 2022 lalu. Meskipun sempat ada objek sengketa di MK namun sudah putusan sehingga dapat ditetapkan,” ujar Semunya.

    Dikatakannya, penetapan kursi ini menjadi dasar bagi pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 November mendatang.

    ”Keputusan penetapan caleg terpilih ini menjadi landasan kami dalam melayani pasangan calon kepala daerah yang daftar ke KPU. Mari sama-sama jaga kehormatan diimbau satu dukungan untuk 1 pasangan calon,” ungkap dia.

    Hasil dari pleno caleg terpilih tersebut akan disampaikan ke masing-masing caleg melalui partainya.

    “Caleg terpilih juga wajib melaporkan LHKPN. Ini sudah sesuai dengan undang-undang. Jika itu sudah terlaksana maka tinggal diagendakan untuk pelantikan,” tambahnya.

    Adapun komposisi kursi parpol di DPR Papua Barat hasil Pileg 2024 menempatkan Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) sebagai peraih kursi terbanyak. Yakni masing-masing 7 kursi.

    Dengan demikian, Partai Golkar menjadi partai pemenang Pemilu di Papua Barat. Golkar sekaligus mempertahankan posisi Ketua DPR PB.

    Lalu disusul Partai Nasdem 5 kursi, Partai Gerindra, PKB, Partai Demokrat dan PAN meraih 3 kursi, Perindo 2 kursi serta PKS dan PPP masing-masing 1 kursi. (LP3/Red)

    Latest articles

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    0
    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans Papua Barat Derek Ampnir berhasil menjalani ujian promosi doktor jurusan...

    More like this

    Selamat! Derek Ampnir Raih Gelar Doktor Lingkungan Hidup di Unipa

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Plt Kepala Disnakertrans...

    Menuju Indonesia Emas, Yayasan BMP Rangkul Pemuda Gereja Papua Barat

    MANOKWARI,Linkpapua.com - Yayasan Barakas Manggun Papua (BMP) bersama Persekutuan Gereja-gereja Papua (PGGP) menggelar seminar...

    Ketua Bhayangkari Polres Mansel: Majukan Organisasi, Beri Manfaat Positif

    MANSEL, linkpapua.com- Ketua Bhayangkari Polres Manokwari Selatan Ny. Vina Yulianor Abdi mengatakan, Bhayangkari harus...
    Exit mobile version