27.3 C
Manokwari
Selasa, Juli 23, 2024
27.3 C
Manokwari
More

    Kepala Balai : Akhir 2021 Sport Center UNIPA sudah bisa digunakan

    Published on

    Manokwari,Linkpapuabarat.com- Sport Center yang dibangun Balai Prasarana Permukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di Universitas Papua (Unipa) Manokwari ditargetkan tuntas pada tahun 2021.

    “Pembangunan dimulai sejak tahun 2019, mudah-mudahan sekitar bulan 11 tahun 2021 sudah selesai. Bahkan kalau mau dimanfaatkan untuk salah satu kegiatan PON XX Insya Allah sudah siap,” kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Papua Barat, Marsudi, Jumat (4/12)

    Pada kegiatan penanaman pohon di lokasi tersebut, Marsudi mengutarakan pembangunan fasilitas olahraga di kampus ini merupakan proyek multiyears.

    Baca juga:  Galery Foto BPBD Papua Barat Bagi 10.000 Masker Bagi Pengguna Jalan di perempatan Haji Bauw, Sabtu (5/6/21).

    Proyek ini dilaksanakan diatas lahan seluas 8 hektar. Selain lapangan sepakbola, di lokasi tersebut akan ada, lintasan atletik, lapangan softball, basket, gateball, voli, tenis lapangan, lanskap, tribun lapangan dan satu gedung kewirausahaan.

    Menurutnya Unipa merupakan salah satu universitas negeri yang berada di ibu kota provinsi di Indonesia yang belum memiliki fasilitas olahraga. Proyek ini menjadi perhatian serius pemerintah pusat terutama Kementerian PUPR.

    Marsudi mengatakan, proyek ini dibangun menggunakan dana APBN dengan jumlah anggaran secara keseluruhan mencapai Rp 62 miliar.

    Baca juga:  Satgas : ASN terus waspadai COVID-19

    “Untuk tahun 2020 karena ada pendemi COVID-19 hanya dapat alokasi Rp 9 miliar. Sisanya akan alokasikan untuk mengejar target selesai pada tahun 2021,” katanya lagi.

    Rektor Unipa, Dr. Ir Meky Sagrim pada kesempatan yang sama menyatakan bahwa kehadiran sport center kampus tersebut sangat besar manfaatnya. Kedepan, kampus ini diharapkan menjadi gudang atlet di Papua Barat.

    “Sejak tahun 1962 Unipa berdiri baru kali ini kita dapat fasilitas sport center. Kampus merupakan gudangnya atlet. Kami berterima kasih karena pemerintah sudah berfikir sejauh itu untuk Unipa,” ucap Sagrem.

    Baca juga:  Wonggor: Penerimaan Bintara Polri Noken Harus Prioritaskan Orang Asli Papua Barat

    Ia menyebutkan, jumlah mahasiswa Unipa saat ini lebih dari 20 ribu orang. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang olahraga di kampus itu pun sangat lengkap.

    “UKM bidang olahraga juga jumlahnya lebih dari 20. Kehadiran sport center pastinya sangat membantu mereka untuk membangun prestasi,” demikian Meky Sagrem. (LPB1/red)

    Latest articles

    Polisi Sebut 24 TPS di Bintuni Sangat Rawan: Moskona-Wamesa Terbanyak

    0
    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com - Polres Teluk Bintuni menggelar sosialisasi kamtibmas menyongsong Pilkada 2024 di Gedung Andriano Ananta Mapolres Bintuni, Selasa (23/7/2024). Dalam sosialisasi ini, Polres...

    More like this

    Kajati Papua Barat Paparkan Sejumlah Capaian pada Momentum HBA ke- 64

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Pada momentum Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke 64 tahun ini, Kepala Kejaksaan...

    Kajati Papua Barat Harap HBA ke-64 jadi Momentum Introspeksi Diri

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Kejaksaan Tinggi Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64,...

    Polda Papua Barat Terjunkan Ratusan Personel dalam Operasi Mantap Praja Mansinam I

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam operasi Mantap Praja Mansinam I, Polda Papua Barat akan mengirimkan personelnya...