27.7 C
Manokwari
Rabu, Mei 29, 2024
27.7 C
Manokwari
More

    Dari Kepala Kampung, Tokoh Adat Hingga Pelajar, Ikut Pembinaan Anti Radikalisme di Bintuni

    Published on

    BINTUNI, Linkpapua.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Teluk Bintuni melakukan pembinaan pengendalian gerakan radikalisme, separatisme dan ekstremisme di Aula Kementerian Agama Tisay, Distrik Bintuni Timur, Jumat (12/5/2023). Pembinaan melibatkan kepala kampung, tokoh agama, adat hingga pelajar SMA.

    Tampil sebagai narasumbur, Kasatreskrim Polres Teluk Bintuni Iptu Tomy Samuel Marbun dan Pjs Kasdim 1806 Kapten Inf Septyan Dwi N. Keduanya memberi gambaran bahaya paham radikalisme dan upaya membentengi diri dari ideologi itu.

    Kabid Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Hendry D Kapuangan menyampaikan untuk mengoptimalkan rencana aksi ini, maka butuh dukungan dan kerja sama semua pihak di tingkat nasional dan daerah. Iapun mengajak kepada semua pihak untuk mendukung TNI dan Polri dalam melakukan penindakan terhadap kelompok dan oknum yang diduga berafiliasi dengan jaringan terorisme.

    Baca juga:  2023, Pemkab Bintuni Hentikan Rekrut Honorer

    “Hukum harus ditegakkan yang bersalah harus diberikan sanksi. Langkah pencegahan dan penindakan yang dilakukan oleh pemerintah, TNI dan Polri sebagai bentuk perlindungan terhadap masyarakat dari gangguan paham radikalisme dan terorisme,” katanya.

    Kasatreskrim Polres Teluk Bintuni Iptu Tomy Samuel Marbun menyampaikan, upaya pencegahan dilakukan sekaligus memastikan masyarakat memiliki pondasi yang kokoh dalam menangkal radikalisme. Sebab paham yang menyimpang dari nilai-nilai Pancasila cukup mengkhawatirkan serta memiliki potensi merusak generasi bangsa.

    “Selain menangkal radikalisme, Kapolres Teluk Bintuni beserta jajaran juga fokus mengantisipasi gerakan-gerakan yang bersifat intoleransi dan mengancam kerukunan beragama,” kata Tomi.

    Menurutnya, Polri selalu hadir di tengah masyarakat. Dan proaktif dalam menjaga keamanan, ketertiban serta kenyamanan rerkusus di Kabupaten Teluk Bintuni.

    Baca juga:  Operasi Gabungan Cek Keberadaan WNA, Kakanim Manokwari: Semua Sesuai Aturan

    “Kami juga meminta warga kalau ada masalah, jangan main hakim sendiri, segera laporkan kepada pihak berwajib supaya bisa diselesaikan,” jelas Tomi

    Pjs Kasdim 1806/TB Kapten Inf Septyan Dwi N menyampaikan, sosialisasi ini adalah untuk menanamkan pemahaman bahwa radikalisme, terorisme, komunisme dan premanisme adalah musuh bersama dan merupakan ancaman yang dapat membahayakan kedaulatan negara, stabilitas nasional dan kemajemukan bangsa Indonesia.

    Indonesia merupakan Negara multikultural yang sangat beranekaragam Suku, Ras, Budaya dan Agama. Pada era setelah reformasi yang terjadi di Indonesia banyak hal yang memang menjadi pemicu perpecahan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi bahkan dalam era digital saat ini.

    “Perkembangan Digital inilah yang dapat memicu adanya konflik yang dapat menyebabkan Negara Indonesia dengan mudahnya disusupi paham-paham radikal yang cepat berkembang melalui penyebaran informasi yang salah satu berita bohong dalam hal ini disebut hoax” kata septyan

    Baca juga:  Gelar Penyuluhan KIE, DP3AKB Bintuni Dorong Peningkatan Kualitas Noken Rajutan

    Karena itu, dalam rangka menegakkan kedaulatan NKRI dan menjaga keselamatan segenap bangsa Indonesia dari segala bentuk ancaman dan menjaga keselamatan segenap bangsa Indonesia dari segala bentuk ancaman, dibutuhkan sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga Negara dan sumber daya Nasional lainnya.

    “Perlu diberikan penjelasan dan pemahaman kepada masyarakat Kabupaten Teluk Bintuni tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bangkitnya kembali komunisme dan radikalisme sekaligus sebagai bekal bagi masyarakat untuk menjaga ke utuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelas Septyan. (LP5/red) 

    Latest articles

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis strategi pengembangan perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kegiatan berlangsung...

    More like this

    Pemprov Papua Barat Dukung Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Papua Barat menyelenggarakan sosialisasi dan bimbingan teknis...

    Masyarakat dan Legislator DPRD Manokwari Selatan Palang Kantor BPKAD

    MANSEL, LinkPapua.com - Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Manokwari Selatan...

    Nobar Final Liga Champions 2024, PRMI Manokwari Tawarkan Doorprize Menarik

    MANOKWARI, Linkpapua.com - Pena Real Madrid de Indonesia (PRMI) akan mengadakan acara nonton bareng...