25.9 C
Manokwari
Selasa, Juni 18, 2024
25.9 C
Manokwari
More

    Dari HUT Ke-7 Kodam Kasuari, Ali Baham: TNI Ikut Perjuangkan Ekonomi Rakyat

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere mengatakan, pengabdian Kodam Kasuari dalam menjaga NKRI di Tanah Papua tak diragukan lagi. Di usianya yang menginjak 7 tahun, Kodam Kasuari telah menunjukkan dedikasi dalam mengawal pembangunan daerah.

    “Atas nama pribadi dan Pemprov Papua Barat, saya mengucapkan selamat HUT Kodam XVIII/Kasuari yang ke-7. Tentu secara berjenjang rakyat pun sampai di tingkat kampung dan desa menyampaikan selamat,” kata Ali Baham pada acara syukuran HUT Kodam Kasuari ke-7 Tahun , Selasa (19/12) di lapangan Kodam/XVIII Kasuari Papua Barat.

    Turut hadir dalam acara ini, Ketua MRP Papua Barat, Judson Ferdinandus Waprak, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Ilyas Alamsyah Harahap bersama Ketua Persit Candrakirana, Para Dandim, Danrem, Forkopimda Papua Barat dan seluruh jajaran, Bupati se-Papua Barat, Organisasi Masyarakat dan pelaku UMKM.

    Ali Baham juga menyampaikan penghargaan atas sumbangsih jajaran TNI dalam menjaga keamanan, ketertiban serta dalam memberikan pengayoman kepada masyarakat. Kata dia, TNI senantiasa ikut dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi rakyat,

    Baca juga:  Survei Seismik Migas di Sorsel, SKK Migas Harap Sinergitas dengan Pemda dan Warga

    Termasuk masalah ekonomi, krisis global dan kesulitan pangan yang dihadapi saat ini.

    “Kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran prajurit Kodam XVIII/Kasuari sangat dibutuhkan. Dan yang terkini adalah kita menyaksikan meriahnya perayaan HUT ke-7 Tahun di mana Pangdam menghadirkan pameran UMKM. Melihat secara langsung hasil-hasil ekonomi rakyat mulai dari kabupaten-kabupaten sampai tingkat Provinsi. Secara khusus kabupaten Pegunungan Arfak. Ini menunjukkan besarnya perhatian TNI pada masalah ekonomi rakyat,” ucapnya.

    Ali Baham mengajak semua elemen menjadikan momentum peringatan HUT Kodam XVIII/Kasuari ke -7 Tahun sebagai refleksi atas pengabdian yang telah dilakukan selama ini. Serta merumuskan inovasi peringatan-peringatan dalam melayani masyarakat.

    “Para prajurit Kodam XVIII/Kasuari yang melayani masyarakat secara langsung tentu harus senantiasa menerapkan prinsip-prinsip pelayanan prima dalam setiap pelaksanaan tugas setiap hari sesuai dengan tema “Pengabdian yang Prima Menuju Indonesia Emas,” katanya.

    Baca juga:  Waterpauw Ingin Boyong Damri Peninggalan PON Papua ke Papua Barat

    Lanjut Ali Baham, Indonesia Emas tahun 2045. Kalau dihitung dari hari ini berarti 22 tahun lagi. Artinya Kodam Kasuari yang sudah 7 tahun, maka pada tahun 2045 akan berusia 29 tahun.

    “Kita berharap dan berdoa tahun 2045 kita bisa semua hadir di tempat yg sama dan kita menyaksikan perkembangan daripada Kodam XVIII/Kasuari ini,” harapnya.

    Pada kesempatan ini Ali Baham juga memberi apresiasi kepada Kepala Suku Besar Arfak, Dominggus Mandacan yang telah berkolaborasi dan bersinergi. Ia juga memuji para veteran yang telah ikut berjuang dan hari ini menyaksikan Kodam XVIII/Kasuari bisa seperti sekarang ini.

    “Filosofinya sederhana, kalau kita bicara Kasuari, ini sebenarnya simbol masyarakat Papua lebih khusus Papua Barat. Jadi wilayah jangkauan Kasuari itu jauh sekali dan orang- orang adat itu jalan mengikuti kasuari bersama-sama dengan anjingnya dan beristirahat di bawah rumah kaki seribu. Tentunya semangat kita hari ini sama dengan semangat dari kasuari itu sendiri supaya kita terus membangun negeri ini, membangun ekonomi ini . pemerintah bersama seluruh masyarakat termasuk masyarakat umat beragama, adat, berkolaborasi dan bersinergi menyambut datangnya Indonesia emas tahun 2045,” papar Ali Baham.

    Baca juga:  Ali Baham Minta jangan Bergantung pada Beras: Ada Petatas, Keladi, Kasbi dan Sagu.

    Alj Baham lalu berpesan kepada seluruh prajurit Kodam XVIII/Kasuari untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh masyarakat. Sehingga tercipta hubungan yang harmonis antar penegak hukum dan masyarakat.

    “Dalam rangka menyambut pesta demokrasi pemilu 2024, marilah kita bersama-sama berkomitmen dan bergerak bersama-sama mewujudkan pemilu yang damai tanggal 14 Fabruari 2024. Semua pihak baik penyelenggara, pemerintah, TNI/Polri dan seluruh jajaran masyarakat yang punya hal memilih dan dipilih marilah gunakan hak-hal saudara-saudara dengan baik baik, aman dan tertib untuk mewujudkan pemilu yang sukses, berkualitas guna mendapatkan pemimpin-pemimpin terbaik negeri mulai dari tingkat pusat sampai daerah,” imbuhnya. (LP1/red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan...

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445 H/2024 M bersama ribuan jemaah di lapangan Kodim 1801/Manokwari, Senin...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Jadi Khatib Salat Id di Manokwari, Serukan Keteladanan Nabi Ibrahim

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Pj Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, salat Idul Adha 1445...

    Kurban di Masjid Nurul Qolbi Manokwari, Momen Pererat Silaturahmi Umat Beragama

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Jemaah Masjid Nurul Qolbi Amban Permai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat, melaksanakan...

    Alumni Yapis Manokwari Sumbang 1 Ekor Sapi

    MANOKWARI, Linkpapua.com-Alumni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Manokwari menyalurkan hewan kurban berupa sapi di sekolah...