24.5 C
Manokwari
Selasa, Juni 25, 2024
24.5 C
Manokwari
More

    Anggota MRPB Dorong Pemerintah Dirikan Sanggar Budaya Komunitas Adat di Papua Barat

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat Yomima Sorik mendorong Pemerintah Provinsi Papua Barat dan kabupaten untuk mendirikan sanggar budaya di setiap komunitas adat. Kata Yomima, sanggar budaya akan menjadi wadah dalam menggali potensi seni dan budaya setiap suku di Papua Barat.

    “Membangun sanggar budaya ini merupakan bagian penting untuk menggali potensi seni dan budaya setiap suku dan sub suku di Papua Barat,” kata Yomima Sorik, Anggota MRP dari klaster perempuan, Senin (1/1/2023).

    Baca juga:  Pisah Sambut Pj Gubernur PB, Ali Baham Kenang Memori di Arguni

    Yomima mengatakan, orang asli Papua atau OAP di setiap daerah memiliki karakter budaya atau kebiasaan yang berbeda. Hal tersebut juga termasuk konteks kearifan lokal, seni dan budaya yang seharusnya dikembangkan oleh semua pihak termasuk tanggung jawab pemerintah.

    Baca juga:  Pemprov Papua Barat Wajibkan Pelaksanaan Apel Pagi dan Sore di Tiap OPD

    “Kami turun di daerah saat akhir tahun kemarin dan kami dapatkan langsung informasi atau aspirasi dari masyarakat berbagai hal disampaikan termasuk kebutuhan membentuk sanggar budaya, di beberapa sub suku di Kabupaten Kaimana,” kata Wakil MRP dari Kabupaten Kaimana Papua Barat ini.

    Yomima mengaku saat turun ke daerahnya di Kaimana, berbagai usulan disodorkan kepadanya. Salah satunya membangun sanggar dudaya.

    Baca juga:  Waterpauw: Taman Wisata Rohani Kampung Meyes Akan Dukung Perekonomian Masyarakat

    Selain itu, ada juga usulan pelatihan kerajinan tangan. Kemudian berbagai usulan di bidang usaha kecil menengah hingga hal yang berhubungan dengan kebutuhan keluarga dan pendidikan anak.

    “Kami berharap pemerintah daerah di Kabupaten dan Pemerintah Provinsi Papua Barat agar dapat mengambil peran memberikan solusi terhadap kebutuhan masyarakat terutama orang asli Papua,” jelasnya. (LP2/red)

    Latest articles

    Antisipasi Pemilih Ganda, Disdukcapil Manokwari Perketat Proses Coklit

    0
    MANOKWARI,Linkpapua.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Manokwari akan memaksimalkan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kependudukan untuk Pilkada 2024. Coklit akan dilakukan secara akurat...

    More like this

    Serahkan Hewan Kurban ke Lapas Manokwari, ini Pesan Ali Baham

    MANOKWAR, Linkpapua.com - Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere menyerahkan bantuan hewan kurban...

    DPRK Maybrat Segera Bentuk Pansus LKPj Bupati Tahun Anggaran 2023

    MAYBRAT, LinkPapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Maybrat, Papua Barat Daya, segera membentuk...

    DPC PPP Manokwari Tidak Buka Penjaringan Calon Kepala Daerah  

    MANOKWARI, Linkpapua.com- DPC Partai Persatuan Pembangunan Manokwari (PPP) Manokwari tidak membuka penjaringan bakal calon...