27 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
27 C
Manokwari
More

    BPBD Papua Barat Tinjau Lokasi Rusun Kebakaran Borobudur, Dibangun Dalam Waktu Dekat

    Published on

    MANOKWARI, linkpapua.com- Pemprov Papua Barat dan Pemda Manokwari melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) meninjau lokasi yang akan dijadikan Hunian bagi korban kebakaran kompleks Borobudur, Jumat (28/1/2022).

    Usai meninjau, kepala BPBD Papua Barat Derek Ampnir menyampaikan rencananya hunian tersebut akan dibangun dalam 3 bulan ke depan.

    “Kita masih akan membahas alokasi anggarannya dan juga mulai pelaksanaan pembangunannya. Memang harus dipercepat karena para korban sudah lama menunggu dan menginginkan mendapatkan tempat tinggal yang layak agar bisa pindah dari tempat pengungsian. Kalau sudah mulai dibangun maka dalam 3 bulan sudah bisa rampung,” ujar Ampnir.

    Baca juga:  Tim BPBD PB Kaji Kerusakan akibat Puting Beliung di Kampung Kotam Fakfak

    Dikatakan Ampnir, Pemprov Papua Barat mengalokasikan anggaran untuk pembangunan hunian tersebut. Sedangkan kesiapan lahan menjadi kewenangan pemkab Manokwari.

    “Pembangunan hunian ini punya dampak sosial bagi masyarakat yang memang sudah ada. Ini yang juga akan menjadi perhatian dari pemda karena berkaitan dengan tanah menjadi kewenangan pemkab Manokwari,” katanya.

    Baca juga:  Kepala BNPB dan Menko PMK Berangkat ke Papua Tengah Bantu Korban Kekeringan

    “Sehingga dengan turun lapangan ini bisa memiliki gambaran dalam penyusunan anggarannya. Karena selain dari BPBD juga melibatkan Dinas PU sebagai instansi teknis. Selain membangun hunian daerah ini juga dilengkapi oleh fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat,” tambah dia.

    Berkaitan dengan keberadaan hutan mangrove yang ada disekitar kawasan tersebut, Ampnir mengungkapkan akan dilakukan rekayasa lingkungan, sehingga keaslian lingkungan tersebut masih terjaga.

    Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan air, akan digunakan teknologi untuk pengolahan air yang sudah ada.

    Baca juga:  Disnakertrans Papua Barat Kolaborasi BPJS-BPBD Berbagi Takjil di Manokwari

    “Kedepan daerah ini punya potensi wisata yang bisa dikembangkan. Selain itu dengan dipindahkan ke sini mereka tetap bisa mencari nafkah sebagai nelayan. Sehingga warga Borobudur tidak perlu khawatir,” jelas dia.

    Sementara para pengungsi masih ditampung disejumlah tempat seperti di KLK Borasi dan gedung wanita. Pembangunan hunian tersebut diperuntukan bagi 211 KK yang menjadi korban kebakaran.(LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...