26.6 C
Manokwari
Rabu, Mei 8, 2024
26.6 C
Manokwari
More

    TPNPB-OPM Akui Sebagai Dalang Penyerangan yang Tewaskan TNI di Maybrat

    Published on

    MAYBRAT, Linkpapua.com – Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim berada di belakang aksi penyerangan yang menewaskan seorang anggota TNI di Distrik Aifat, Maybrat, Papua Barat, Kamis pagi (20/1/2022). Juru Bicara TPNPB OPM, Seby Sambom menyatakan, pihaknya yang mengadang prajurit TNI saat menuju jembatan Kamundan.

    “Iya benar kami telah menerima laporan dari Pimpinan Kodap IV Wilayah Sorong bahwa mereka berhasil menembak anggota TNI,” kata Seby Sambom, Kamis (20/1/2022).

    Baca juga:  Kukuhkan Pengurus KONI Papua Barat, Marciano Norman: Terus Berkarya

    Baku tembak TNI dan TPNPB OPM terjadi di perbatasan Kampung Fankario dan Kampung Kramat, Distrik Aifat Timur. Satu TNI gugur bernama Serda Miskel. Ia mengalami luka tembak di perut bagian kanan.

    Serda Miskel adalah putra Papua. Saat ditanya insiden Penembakan yang menewaskan Prajurit TNI Orang Asli Papua OAP, Seby mengatakan, pihaknya tidak peduli. Karena mereka bagian dari TNI.

    Baca juga:  DPR Papua Barat Cek Kepastian SK Wakil Ketua IV ke Kemendagri

    “Bagi kami pasukan OAP, mereka punya mata, mereka punya telinga. Tapi kepala batu. Datang mau bunuh Orang Papua sendiri,” ujar Sambom.

    Dia pun mengklaim  bahwa Orang Asli Papua yang jadi TNI dan Polri agar lebih baik bergabung ke TPNPB OPM dan meninggalkan NKRI.

    Dalam peristiwa baku tembak, terdapat lima korban dari TNI Yon Zippur 20 PPA. Mereka di antaranya Serda Miskal Rumbiak Prajurit TNI AD asal Kabupaten Raja Ampat yang meninggal dunia. Selain itu Prada Azis Rengen, Prajurit TNI AD yang berasal dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat mengalami luka tembak di bagian punggung belakang.

    Baca juga:  Papua Barat Risiko Tinggi Campak, Dinkes Gandeng Wartawan Kejar Cakupan BIAN

    Serda Darusman, mengalami luka tembak di perut bagian kiri, Prada Abraham mengalami luka tembak di bagian bahu kanan dan kiri serta pangkal paha, lalu Prada Odeng alami luka rekoset di paha sebelah kanan. (LP2/Red)

    Latest articles

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    0
    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan mahasiswa baru (maba) untuk TA 2024/2025. Kampus akan membuka dua...

    More like this

    STIKIP Muhammadiyah Manokwari Buka Pendaftaran Maba Gelombang Kedua

    MANOKWARI, LinkPapua.com - Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STIKIP) Muhammadiyah Manokwari membuka penerimaan...

    NasDem Mansel Tutup Penjaringan, 8 Bakal Cabup-Cawabup Bersaing

    MANSEL, LinkPapua.com - DPD NasDem Manokwari Selatan (Mansel) telah menutup pendaftaran penjaringan bakal calon...

    Frengki Mandacan Daftar di NasDem, PAN, dan PKS Maju Pilkada Mansel

    MANSEL, LinkPapua.com - Frengki Mandacan sejauh ini telah mendaftar di beberapa partai politik untuk...