28.8 C
Manokwari
Minggu, Mei 19, 2024
28.8 C
Manokwari
More

    Velix Wanggai: Papua Barat tak Boleh Sekadar Andalkan Migas

    Published on

    MANOKWARI, Linkpapua.com – Staf ahli Kepala Bappenas Bidang Pembangunan Sektor Unggulan dan Infrastruktur Velix V Wanggai mengatakan, selama ini Papua Barat hanya mengandalkan sektor migas. Padahal daerah ini memiliki banyak komoditas unggulan yang belum tergarap.

    “Kita berupaya mengatasi kesenjangan sektor modern karena selama ini Papua Barat bergantung dari sektor gas. Padahal di sektor lain masih banyak potensi tetapi belum tergarap,” ungkap Velix Rabu (19/1/2022).

    Baca juga:  Bupati Hermus Jabarkan 5 Prioritas Pembangunan di 2023

    Saat ini kata Velix, pihaknya tengah berupaya agar sejumlah sektor lain juga dapat dikembangkan. Seperti potensi perikanan, peternakan dan destinasi wisata.

    “Untuk perikanan memang difokuskan di daerah Teluk Cenderawasih dan berupaya pengembangan baru di kawasan Tambrauw. Sektor wisata diupayakan berbasis komunitas dengan membangun home stay yang lebih banyak agar itu bisa dikelola oleh masyarakat di kampung-kampung,” papar Velix.

    Baca juga:  Tiga Bacalon Kepala Kampung Muari Sudah Mengambil Formulir

    Hanya saja, semua ini membutuhkan dukungan anggaran dan infrastruktur. Kata Velix, kementerian terkait memiliki peran vital dalam mendorong program tersebut.

    Di antaranya Kementerian Desa yang harus memiliki program berbasis pada kegiatan kemandirian ekonomi. Adapun sektor peternakan akan diarahkan ke Kebar dan Bomberay dan beberapa potensi lainnya.

    Baca juga:  Sertijab Jajaran Polda Papua Barat, Kapolda: Mau Enak atau Susah, Jalani dengan Ikhlas

    Untuk memaksilkan potensi tersebut maka didorong setiap daerah ada 1 komoditas unggulan. Sehingga itu menjadi sumber pendapatan baru yang nantinya memperkuat kapasitas fiskal daerah yang menunjang keuangan daerah dan masyarakat.

    “Ini akan mengurangi ketergantungan terhadap sektor migas,” imbuh Velix. (LP3/Red)

    Latest articles

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    0
    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Papua Barat periode 2024-2029. Pelantikan berlangsung...

    More like this

    Pj Gubernur Ali Baham Dilantik Jadi Ketua ICMI Papua Barat

    MANOKWARI,pLinkPapua.com-Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, dilantik menjadi Ketua Majelis Pengurus Ikatan...

    Pembukaan MTQ X Teluk Bintuni: Merajut Moderasi dan Toleransi Keagamaan

    TELUK BINTUNI,LinkPapua.com– Suasana khusyuk terasa di gelanggang Argosigemerai SP 5, Distrik Bintuni Timur, Kabupaten...

    BP Target 2029 Presentase Tenaga Kerja Lokal Capai 85%

    MANOKWARI, Linkpapua.com- Dalam pelaksanaan IPA Convex 2024 yang digelar di ICE BSD Tangerang, Kathy...